Wali Kota Eri Bakal Gelar Mutasi, Empat Kadis, Satu Staf Ahli Ikuti Tes Uji Kompetensi

Eri Cahyadi / RMOLJatim
Eri Cahyadi / RMOLJatim

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dipastikan bakal melakukan mutasi dan rotasi pejabat lagi.


Hal ini menyusul adanya informasi sebanyak 4 Kepala Dinas dan 1 staf ahli melakukan tes uji kompetensi yang digelar pada Senin (19/6) lalu.

Ke empat Kepala Dinas tersebut yakni Kasatpol PP, Eddy Christijanto, Kadiskominfo, M. Fikser, Kadispendukcapil, Agus Imam Sonhaji dan Kadis Damkar dan Penyelamatan Dedik Irianto.

Sedangkan untuk Staf Ahli yakni Afgani Wardhana.

Sayangnya saat dikonfirmasi, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi tidak berani blak-blakan.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya hanya memberi sinyal bila mutasi dan rotasi akan digelar bila pejabat tersebut sudah menduduki posisi jabatannya minimal dua tahun.

"Pokoknya kita lihat, kalau ada yang 3 tahun, 2 tahun ya harus diputar. Lihat siapa saja yang sudah 3 tahun," jelas Wali Kota Eri dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (30/6).

Tak hanya menduduki masa jabatan minimal dua tahun, namun kata Wali Kota Eri, mutasi dan rotasi akan dilaksanakan ketika kursi pimpinan OPD tersebut kosong.

Nah untuk mengisi jabatan OPD yang kosong ini, maka yang mendaftar pun banyak.

Hampir semuanya dari strata jabatan yang sama. Hal tersebut akan menimbulkan pergeseran jabatan di setiap OPD.

"Tapi yang pasti saya akan mengisi, kalau sudah ada pengisian kekosongan kan pasti ada yang daftar. Yang daftar tidak hanya satu, tapi dari kepala dinas," ujarnya.

Wali Kota Eri pun mencontohkan seperti posisi Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan yang kosong lantaran Fauzie Mustaqiem dimutasi menjadi Yos staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

Nah bila jabatan tersebut di lelang maka yang mendaftar pun banyak, semuanya dari kepala OPD.

"Kalau dipkopdag dibuka, kalau yang daftar dari bawah oke, tapi kalau yang daftar dari samping-samping otomatis bergerak. Contoh, misalnya Cipta Karya diterima di Koperasi, otomatis kosong, muter. Makanya kalau bilang 5 aku isok ngomong luweh teko 5 kalau puterane banter," ungkapnya.

Hal yang sama, menurut Wali Kota Eri juga bakal terjadi bila mutasi atau rotasi akan dilakukan bagi Kepala OPD yang sudah menjabat minimal dua tahun.

Ini dibuktikan ketika baru saja membuka lelang jabatan Kepala Dispendukcapil yang masih dijabat Agus Imam Sonhaji.

Tak ayal, jabatan tersebut pun diserbu sejumlah Kepala OPD lainnya.

"Contoh, kemarin saya buka untuk Dispendukcapil, beberapa ada kepala OPD yang daftar. Kalau ini diterima, otomatis ada pergerakan," pungkasnya.