Warga Surabaya Anggap Eri-Armuji Jalankan Program Pemkot Secara Maksimal

Teks foto: Riset SSC program Pemkot Surabaya dijalankan secara maksimal/RMOLJatim
Teks foto: Riset SSC program Pemkot Surabaya dijalankan secara maksimal/RMOLJatim

Masa jabatan kepemimpinan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dan Wakilnya Armuji telah berjalan lebih dari 2 tahun.


Masyarakat Surabaya menganggap secara umum pasangan ini selama ini telah berhasil melaksanakan program Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya secara maksimal. 

Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) menunjukkan sebanyak sebanyak 27 persen responden yang diteliti menyatakan bahwa Eri - Amuji telah mampu mewujudakan program membuka lapangan kerja dengan optimal. 

Berikutnya, sebanyak 17,8 persen responden menyatakan bahwa Pemkot Surabaya telah dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Surabaya menjadi lebih baik.

Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi mengungkapkan hasil lainnya mencatat bahwa sebanyak 17,6 persen responden menyatakan Pemkot Surabaya telah berhasil menjaga dan meningkatkan penghijauan. 

"Sementara hasil yang menunjukkan meningkatnya layanan kesehatan sebanyak 17,3 persen, diikuti mewujukdan birokrasi yang bersih dan melayani sebanyak 6,5 persen, kemudian pemulihan ekonomi sebanyak 6,3 persen, serta mewujudkan lingkungan yang harmonis dan berbudaya 5,3 persen. Sementara 2,2 persen menyatakan tidak tahu/tidak menjawab," kata Ikhsan dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (15/7).

Sebagai informasi, SSC adalah salah satu lembaga survei yang bernaung dibawah Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI) dan aktif dalam berbagai kegiatan riset opini publik sejak 16 tahun lalu, tepatnya sejak 7 Juli 2007. 

Hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 20 - 30 Juni 2023 di 31 Kecamatan Kota Surabaya. 

Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. 

Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.