Terlibat Suap, Mantan Ketua Partai China Divonis Mati

foto/net
foto/net

Pengadilan China menjatuhkan vonis hukuman mati kepada Zhou Jiangyong, mantan ketua Partai Hangzhou di Provinsi Zhejiang, China Timur dalam sidang yang berlangsung Selasa (25/7) waktu setempat dengan waktu penangguhan selama dua tahun.


Pengadilan juga telah mencabut hak politik Zhou seumur hidup dan semua harta pribadinya disita. Dia terbukti secara ilegal menerima lebih dari 182 juta yuan (25,49 juta dolar AS) secara langsung atau melalui anggota keluarganya.

Semua hasil dari suap Zhou dan keuntungan masing-masing diperintahkan untuk dipulihkan sesuai dengan hukum dan diserahkan ke kas negara, menurut Pengadilan Menengah Rakyat Chuzhou di Provinsi Anhui, China Timur, seperti dikutip dari Global Times.

Dalam sidang terungkap bahwa dari tahun 2001 hingga 2021, Zhou, menggunakan posisinya di berbagai jabatan yang pernah didudukinya untuk mengambil keuntungan sendiri. Dia secara langsung atau tidak langsung menerima keuntungan ilegal sebesar lebih dari 182 juta yuan.

Zhou ditempatkan di bawah penyelidikan disiplin dan pengawasan oleh Komisi Pusat CPC untuk Inspeksi Disiplin (CCDI) dan Komisi Pengawas Nasional pada Agustus 2021, dan dikeluarkan dari Partai dan jabatan publik karena melanggar hukum dan disiplin pada Januari 2022.

Aksi suap yang dilakukan Zhou melibatkan jumlah yang luar biasa besar, menyebabkan kerugian yang sangat signifikan bagi kepentingan nasional dan publik, yang menurut hukum China, harus dihukum berat.