Terop HUT Koperasi Ke-76 di Alun-alun Kota Jember Terbang Disapu Angin Beliung

Terop dan 3 tenda di Alun-Alun Jember tersapu angin puting beliung/RMOLJatim
Terop dan 3 tenda di Alun-Alun Jember tersapu angin puting beliung/RMOLJatim

Angin puting beliung menerjang tenda-tenda persiapan HUT ke 76 di alun-alun kota Jember, Rabu (26/7). Akibatnya, 3 tenda yang terdiri 2 tenda kerucut dan tenda VIP berukuran 24 M × 30 M, rusak dan beterbangan tergilas angin.


Selain itu, juga angin merusak baleho yang terpasang di alun-alun kota Jember.

Peristiwa tersebut sempat terekam kamera video ponsel dan viral di sosial media. Dalam video tersebut terlihat terop utama terbang ke udara bersama pusaran angin yang debu warna coklat. 

"Telah terjadi angin puting beliung dari depan Pemda menuju ke tengah lapangan alun-lun, mengkibatkan beberapa tenda dan baliho rusak, sekitar pukul 13.18 WIB," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Penta Satria, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Peristiwa itu berdampak kerusakan pada tenda linggarjati di bagian atap dan rangka dengan ukuran 24 M x 30 M, dan 2 tenda kerucut Bank Matim ukuran 3 M x3 M serta baliho bertemakan hari koperasi ukuran 30 M X 3 M rusak. 

Sejauh ini, kata Satria, pihaknya masih melakukan assesmen untuk mengetahui jumlah total kerusakan pasca peristiwa angin puting beliung.

"Meski demikian tidak ada korban jiwa atau terluka, dalam peristiwa tersebut," katanya.

Sementara itu, pihak panitia penyelenggara sudah melakukan pembersihan material kerusakan dan memperbaiki tenda tersebut. 

Informasi yang dihimpun, sesuai jadwal panitia, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dijadwalkan hadir dalam acara HUT Koperasi ke 76 di alun-alun kota Jember, pada Kamis (27/7) pagi.