Anies Baswedan, Salahmu Apa Sih?

Anies Baswedan
Anies Baswedan

HERAN! Mungkin ini kata yang paling tepat untuk menggambarkan segala upaya penjegalan Anies Baswedan, mantan gubernur sah DKI Jakarta.

Trotoar yang Anies bangun di DKI, pada dibongkarin. Belum semua sih, tapi sudah dimulai. Untung rakyat protes. Proyek pembongkaran trotoar gagal.

Eh, trotoar itu untuk para pejalan kaki loh. Supaya mereka nyaman dan membiasakan jalan kaki. Sehat dan mengurangi polusi udara. Ekonomis lagi. Kagak pakai biaya. Kenapa lu bongkar-bongkar bro? Kayak kurang kerjaan aja.

Jalur sepeda di DKI sekarang sudah banyak dijadikan tempat parkir mobil. Liar dan semrawut. Karena dibiarkan, ya pasti semrawut. Kagak ada penertiban. Ini ibukota loh bro. Ibukota negara besar bernama Indonesia. Jangan dibiarin semrawut.

Eco Park Tebet, taman asri nan indah buat keluarga sekarang dipagar. Kalau alasan, bisa dicari. Ruang yang sedianya terbuka, jadi tertutup dong. Kagak asik ah...

Jakarta International Stadium atau lebih dikenal dengan nama JIS, harus direnovasi. Apanya yang mau direnovasi? Katanya bus besar buat angkut pemain kagak bisa masuk. Lah, videonya juga beredar dan viral kalau bus besar buat angkut pemain bisa masuk. Masih kurang besar lagi? Mau bus tingkat 5? Ya kagak ada bro. Kagak ada. Aneh-aneh aja lu ini.

Makanya, imajinasi jangan liar. Mau ikut pilpres pakai utak-utik JIS. Kagak seksi bro. Yang ada malah pada ilang simpati ama lu. Masih banyak cara lain untuk kampanye bro. Renovasi JIS bukan tempat kampanye yang tepat.

Eh, katanya rumput JIS kagak standar FIFA ya? Itu kata FIFA atau kata lu? Lu datangkan tukang rumput. Ketika ditanya tentang rumput JIS, jawabnya dia kagak paham. Bukan ahli tentang jenis rumput JIS. Loh, ini gimana bro? Kagak paham, suruh ganti. Berabe bro. Proyek lagi...proyek lagi. Kurang kenyang?

Parkir JIS kagak cukup buat kendaraan penonton? Gue kasih tahu lu, desain stadion modern itu pakai transportasi umum bro. Makanya dibuat di jalur kereta. Ada busway. Proses MRT juga arahnya ke situ. Aduuuuh, kok cara berpikirnya ketinggalan banget. Modern dikit kenape!

Sekarang lagi ramai nama Jaklingko mau diganti. Namanya Mikrotrans. Apa urgensinya bro? Mau ilangin nama Anies Baswedan? Mau hapus jejak Anies Baswedan di DKI?

Di tempat yang ada nama Anies Baswedan, hapus segera. Tuh lihat beberapa lapangan. Nama Anies Baswedan sudah pada ilang dari tembok lapangan. Padahal cuma tulisan "Diresmikan oleh Anies Baswedan".

Anies, gue mau nanya nih ama lu: mereka melakukan ini semua karena benci, atau karena takut ama lu? Lu pasti balik nanya: "loh, kok nanya ke gue? Mereka yang melakukan, nanya dong ama mereka. Bukan nanya ama gue". Bener juga ya.

Ape salah Anies Baswedan ya, ampe dijegal sana sini? Proses Formula E kalau lu pada tahu, pasti ngelus dada. BUMN kagak mau iklan. Bandingkan dengan MotoGP di NTB. Datengin besi pembatas bikin pusing kepala. Diketawain para buzzer. Mereka bilang event Formula E kagak bakal terselenggara. Mereka kompak. Siapa koordinatornya ya, sampai kompak begitu?

Udah sukses, penonton membeludak, untung pula, eh...dicari-cari juga kesalahannya. Apalagi kalau ampe utang. Pasti langsung digoreng abis.

JIS juga gitu nasibnya. Megah, pakai teknologi termodern, satu-satunya di Indonesia, dicari-cari juga kekurangannya. Mau diaudit pula. Mau bikin tim investigasi segala. Wualah...wualah... Entar ada semut lewat di JIS, bisa-bisa dijadikan alasan bongkar JIS. Masak, karena semut lewat, JIS mau dibongkar? Ya kawanan semut pasti ketawa. Geli !

Ya...ya... lu pasti pada heran dengan kelakuan macam ini. Tapi, begitulah adanya. Sebuah tontonan yang kagak enak dilihat. Buat rakyat Jakarta kagak nyaman.

Anies, gue saran nih. Kalau entar lu jadi presiden, harus bijak. Kagak usah balas dendam. Gue tahu lu kagak punya potongan balas dendam. Lu seorang negarawan sejati. Berpikir dan bertindak untuk bangsa dan negara. Itu lu punya karakter.

Lu kuat, lu hebat. Partai lu dijegal sana sini agar lu kagak bisa nyapres. Kalau takdir lu jadi presiden, lu pasti jadi. Rakyat Indonesia menginginkan lu jadi presiden. Saat ini, hanya lu yang punya potongan jadi presiden. Hanya lu yang cocok jadi presiden.

Tetap dan terus bersemangat Anies. Lu presiden RI 2024-2034. Ini doa dan harapan rakyat Indonesia.

Penulis adalah pemerhati sosial politik.