Mendag Zulhas Dorong Kerja Sama Perdagangan Indonesia-EU CEPA

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan bertemu dengan delegasi Dewan Bisnis Uni Eropa ASEAN (EU-ASEAN Business Council/EU-ABC) dan Euro Cham di Jakarta, pada Senin, 31 Juli 2023/Ist
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan bertemu dengan delegasi Dewan Bisnis Uni Eropa ASEAN (EU-ASEAN Business Council/EU-ABC) dan Euro Cham di Jakarta, pada Senin, 31 Juli 2023/Ist

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan menyampaikan dorongan agar perundingan kerja sama perdagangan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (Indonesia-EU CEPA) dapat segera rampung. 


Hal itu ia sampaikan ketika bertemu dengan delegasi Dewan Bisnis Uni Eropa ASEAN (EU-ASEAN Business Council/EU-ABC) dan Euro Cham di Jakarta, pada Senin (31/7).

Delegasi dipimpin oleh Ketua EU-ASEAN Business Council Jens Ruebbert dan Ketua EuroCham Indonesia Francois De Maricourt, serta dihadiri oleh perwakilan pelaku bisnis dari Uni Eropa.

“Perundingan Indonesia-EU CEPA merupakan agenda prioritas Indonesia dan ditargetkan segera selesai. Saya meminta dukungan EU-ASEAN Business Council, Eurocham Indonesia, dan kelompok bisnis di Eropa untuk memastikan penyelesaian negosiasi ini,” kata Mendag Zulkifli.

Ia juga menekankan bahwa Kemendag terus mendorong kolaborasi semua pihak untuk memajukan kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Uni Eropa.

“Saya mendorong kolaborasi antar pemerintah dan pelaku bisnis dari Indonesia dan Uni Eropa untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi, serta mengoptimalkan potensi ekonomi bilateral yang sangat besar,” lanjut Mendag Zulkifli Hasan dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL.

Lebih lanjut, Mendag Zulkifili Hasan juga mengungkapkan, kebijakan perdagangan luar negeri Indonesia terus diperbaiki untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif. Untuk mendukung hal tersebut, Kemendag tengah mengembangkan sistem pelayanan publik berbasis elektronik yang transparan, cepat, serta mempermudah pelaku bisnis.

Uni Eropa merupakan tujuan ekspor terbesar ketiga dan sumber impor terbesar keempat bagi Indonesia.

Pada 2022, total perdagangan Indonesia dan Uni Eropa tercatat sebesar 33,2 miliar dolar AS. Pada periode tersebut, ekspor Indonesia ke Uni Eropa tercatat sebesar 21,5 miliar dolar AS sedangkan impor Indonesia dari kawasan tersebut sebesar 11,7 miliar dolar AS.

Komoditas ekspor andalan Indonesia ke Uni Eropa pada 2022 adalah minyak kelapa sawit dan fraksinya, asam lemak monokarboksilat industri, batu bara, tembaga, dan alas kaki dengan sol luar dari karet. Sementara impor utama Indonesia dari Uni Eropa pada 2022 adalah pipa dari besi dan baja, obat-obatan, vaksin, mesin pembuat bubur kertas, serta kertas atau karton daur ulang.