Pesona PetroNite Fest 2023 Hipnotis Masyarakat Gresik untuk Datang

PetroNite Fest 2023/RMOLJatim
PetroNite Fest 2023/RMOLJatim

PetroNite Fest event tahunan yang digagas Petrokimia Gresik dalam merayakan HUT ke 51 perusahaan pupuk solusi agroindustri holding Pupuk Indonesia itu, mampu menghipnotis masyarakat untuk datang berkunjung.


Kegiatan yang berlangsung selama 9 hari, mulai 29 Juli – 6 Agustus 2023 diikuti ratusan pelaku UMKM yang berasal dari mitra binaan Petrokimia Gresik. Pedagang Kaki Lima (PKL) Masyarakat Sekitar Perusahaan (MSP), perwakilan BUMN, serta binaan dinas terkait.

Menurut Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, diselenggarakannya PetroNite Fest 2023 sebagai bentuk komitmen nyata perusahaannya untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

"Petrokimia Gresik ingin terlibat secara langsung memberdayakan dan mengembangkan potensi UMKM terutama yang berada disekitar perusahaan. Sebab, kami ingin mendorong peningkatan ekonomi khususnya di Gresik dengan mempertemukan UMKM dengan potensial konsumen," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (1/8).

“UMKM memiliki peranan strategis sebagai pilar perekonomian Indonesia, yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi berbasis kerakyatan. Oleh karena itu, Petrokimia Gresik sebagai bagian dari BUMN yang juga salah satu pilar penggerak perekonomian, menaruh komitmen dan perhatian tinggi terhadap UMKM, salah satunya melalui kegiatan ini,” sambungnya.

Sementara, salah satu pengunjung, Dian Mayasari (25) mengaku terhibur dengan adanya kegiatan PetroNite Fest yang digelar Petrokimia Gresik. Karena, selain bisa menyaksikan hiburan, juga bisa berbelanja berbagai kuliner.

“Saya datang kesini sudah sejak pembukaan acara bersama keluarga, di sini kami bisa berkuliner dan membeli sesuatu yang diinginkan. Karena barang yang ditawarkan sangat beragam,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Panitia HUT Ke-51 Petrokimia Gresik, Liliek Harmianto menegaskan berbeda dari tahun sebelumnya, bahwa PetroNite Fest tahun ini dipersembahkan khusus untuk UMKM asli Gresik.

"Terdapat 375 pelaku UMKM asal Gresik, yang terlibat dalam event ini melalui seleksi pendaftaran ketat. Hal ini sejalan dengan arahan manajemen untuk memfokuskan PetroNite Fest hanya untuk Masyarakat dan khususnya UMKM Gresik," tukasnya.

"Agar pelaksanaan berjalan dengan baik, kami menciptakan sistem pendaftaran baru secara online dan sistem verifikasi 3 tahap bagi para pelaku UMKM. Yaitu, verifikasi administrasi, verifikasi tatap muka pra-acara, serta verifikasion site agar acara ini tepat sasaran,” tandasnya.

"Kami juga menyampaikan apresiasi atas antusiasme masyarakat maupun pelaku UMKM Gresik terhadap acara ini," tutupnya.