Tim Tabur Kejari Surabaya dan Kejati Jatim Tangkap Dua Buronan Kasus Sipoa

Tampang buronan Budi Santoso dan Ir. Klemens Sukarno Candra diamankan tim tabur Kejari Surabaya dan Kejati Jatim/ist
Tampang buronan Budi Santoso dan Ir. Klemens Sukarno Candra diamankan tim tabur Kejari Surabaya dan Kejati Jatim/ist

Tim Tangkap Buronan (Tim Tabur) gabungan Kejati Jatim dan Kejari Surabaya berhasil menangkap dua buronan terpidana kasus penipuan dan penggelapan proyek SIPOA.


Kedua buronan tersebut diantaranya Budi Santoso dan Ir. Klemens Sukarno Candra. Mereka ditangkap di kawasan Sidoarjo tanpa melakukan perlawanan.

"Keduanya diamankan tanpa perlawanan di kawasan Waru Sidoarjo sekira pukul 12.30 WIB. Terpidana telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Kejari Surabaya sejak bulan Juni 2023," Kajari Surabaya, Joko Budi Darmawan dalam rilis yang dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (1/8).

Joko menambahkan dalam menangkap Budi Santoso dan Ir. Klemens Sukarno Candra, tim tabur tak mengalami kesulitan.

Sebab keberadaan terpidana ini sudah terendus di perbatasan Surabaya dan Sidoarjo.

"Tim awalnya mendeteksi keberadaan kedua terpidana di sekitar Surabaya dan Sidoarjo. Setelah 2 hari melakukan pelacakan, akhirnya terpidana dapat ditangkap dan diamankan pada hari ini," Jelas Joko.

Selanjutnya masih kata Joko, kedua terpidana itu oleh tim tabur diserahkan ke Jaksa Eksekutor untuk dilaksanakan eksekusi berdasarkan putusan Mahkamah Agung RI Nomor: 131 K/Pid/2020 tanggal 15 April 2020 yang menjatuhkan pidana penjara masing-masing 3 tahun 6 bulan penjara.

"Kedua terpidana lalu di eksekusi ke Lapas Kelas 1 Surabaya di Medaeng Sidoarjo," pungkasnya.