Modal Iseng, Pemilik Akun You Ming21 Jutsru Raih Penghargaan dari YouTube

Tjhin Jiu Min
Tjhin Jiu Min

"Kalau ada teman yang ingin diendorse, saya tidak pernah meminta uang. Namanya aja juga teman, jadi harus saling bantu," kata Tjhin Jiu Min, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Kamis, (10/8)


Ya, Tjhin Jiu Min merupakan seorang YouTubers dan selebgram yang sudah mempunyai followers begitu banyak. Bahkan, ia pernah mendapatkan penghargaan dari You Tube karena konten-konten kreatifnya. 

Meski demikian, Tjhin tak serta merta memanfaatkan media sosialnya untuk mendapatkan uang.

Maklum, sebelum meraih kesuksesan lewat media sosial, ia benar-benar berangkat dari nol. 

"Saya ini dibesarkan dari keluarga kurang mampu di Kalimantan. Orang tua saya seorang petani. Masa remaja saya penuh lika-liku sampai saya harus merantau ke kota kota, hingga akhirnya saya di Surabaya," sambungnya. 

Jam berganti hari, bulan berganti tahun. Berkat kerja keras dan kegigihannya selama bertahun-tahun, Tjhin kini tak lagi diterpa masalah ekonomi. Bahkan, ia bisa membantu sesama dan orang tuanya lewat penghasilan dari medsos.

Media sosial milik Tjhin dantaranya adalah Facebook, TikTok serta YouTube yang bernama YOU MING21 dan Instagram yang bermana @skyming21. Dari platform itu, ia bisa meraih puluhan juta rupiah.

"Awalnya iseng doang. Waktu itu kan ada pandemi Covid, kita coba main sosmed, karena kita banyak teman. Teman main, ya uda kita ikut main. Awalnya viewer dan follower saya sedikit. Semua memang butuh proses,"  ujarnya.

Mulanya, Tjhin sering posting di Instagram, setelah itu dia mencoba posting di TikTok.

Bahkan, saat awal bermain TikTok, Tjhin juga sering mendapatkan cibiran.

"Kamu cowok kok main TikTok?" kata Tjhin menirukan mereka yang mencibir. Maklum, saat itu media Tik-tok lebih banyak digunakan oleh anak anak perempuan. 

Meski demikian, Tjhin tidak mempedulikannya dan memilih cuek.

Perjuangan Tjhin untuk meraih sukses di sosial media juga tidak mudah.

Akun TikTok miliknya pernah kena banned.

"Terus akun TikTok saya juga pernah kena banned. Sudah 2 kali, ini sekarang akun TikTok saya yang ketiga. Yang pertama followernya 1,3 juta. Nah sekarang akun yang ketiga followernya uda 1,6 juta," terangnya.

Meski aktivitasnya di sosmed hanyalah sampingan, namun ternyata justru bisa menjanjikan dalam finansial.

"Memang main sosmed itu hanya sampingan. Iseng doang. Tapi juga perlu proses. Yang harus diingat, bahwa proses tidak akan mengkhianati hasil,' urainya. 

Tjhin melanjutkan, untuk ide membuat konten semua berasal dari dirinya.

"Murni saya sendiri. Saya rekam sendiri, ngedit sendiri. Ini semua sendiri. Sekarang pengen punya editor, dan videografer. Ini masih cari," ungkapnya.