Kisah Inspirasi Kesuksesan Novelia Indriyati, Dari Jualan Skincare sejak Kuliah, Kini Punya Pabrik Kosmetik

Novelia Indriyati
Novelia Indriyati

Dengan kerja keras akan membuahkan kesuksesan. Itu dibuktikan Novelia Indriyati, wanita muda asal Besuki Situbondo Jawa Timur.


Perempuan kelahiran tahun 1994 ini kini menjadi salah satu pengusaha sukses di bidang kecantikan.

Namun dibalik kesuksesan yang diraihnya saat ini, ada perjuangan dan pengorbanan serta kerja keras yang harus dilalui. 

Novelia Indriyati menceritakan awal mula kisah suksesnya menjadi pengusaha kosmetik dengan brand Artha Ldt +. 

"Saya sudah mulai bekerja dengan jualan online shop sejak tahun 2013, saat itu kerja sambil kuliah," kata Novelia Indriyati. 

Berbagai macam produk fashion mulai baju, celana hingga kerudung dijualnya secara online melalui media sosial. Tak hanya itu, dirinya juga menjadi reseller produk skincare.

Tahun 2014, Novelia memutuskan menikah dengan Lukman Arisandy yang dipacari sejak bangku SMA. 

Menjadi seorang istri membuatnya semakin bekerja keras. Selain tetap berkuliah dan bekerja jualan online, setahun kemudian lahir anak pertama, seorang perempuan. 

Hingga tahun 2016, Novelia Indriyati lulus kuliah dan melanjutkan bekerja di perusahaan ekspedisi. 

"Dulu kerja sebagai admin di perusahaan ekspedisi cuma dua tahun terus berhenti, karena melahirkan anak kedua," ceritanya. 

Usai keluar dari pekerjaan di perusahaan ekspedisi, Novelia mulai membangun bisnis kosmetik ini pada tahun 2018 lalu. Pada awal mendirikan bisnis ini Novelia mengaku perjalanannya tidaklah mudah. 

"Dengan niat awal untuk membantu perekonomian keluarga, saya pun memulai bisnis kosmetik dengan modal sebesar Rp.400.000," ungkapnya.

Novelia memasarkan produk skincarenya secara online melalui media sosial dan menjual di marketplace. 

"Alhamdulillah awal jual produk skincare sendiri, ternyata disambut baik oleh konsumen," terangnya. 

Namun diperjalanan membesarkan produknya, rintangan selalu ada. 

"Dulu sempat ditipu reseller hingga jutaan rupiah. Bahkan mau dilaporkan polisi karena produknya belum memiliki ijin dari BPOM," Jelas Novelia Indriyati. 

Namun seiring berjalannya waktu, produknya dengan brand Artha Ldt+ sudah memiliki ijin BPOM dan semakin besar. Penjualan brand Artha Ldt+ bahkan memiliki omzet miliaran rupiah. Hingga Novelia Indriyati mampu mendirikan pabrik sendiri di Situbondo Jawa Timur, dan kini sudah memiliki puluhan karyawan.

Berkat kesuksesannya tersebut, Novelia Indriyati tidak hanya mampu membanggakan dan membantu perekonomian keluarga. Sejumlah penghargaan mampu diraihnya. Seperti Asean Golden Inspiring Winner tahun 2022, Indonesia Best Beauty Produk & Brand Award 2021, dan Wanita Inspiratif Indonesia 2022.

Novelia Indriyati mengajak generasi muda Indonesia agar tetap bekerja keras untuk meraih cita cita. Dirinya yakin banyak generasi muda yang memiliki potensi untuk menjadi pengusaha sukses seperti dirinya.