Sandiaga Uno Paparkan Kota Probolinggo Gerbang Pariwisata

Sandiaga Uno saat hadiri workshop
Sandiaga Uno saat hadiri workshop

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengatakan, Kota Probolinggo merupakan gerbang menuju wisata prioritas.


Hal itu ditegaskan Sandiaga dalam workshop "KaTa” kreatif, yaitu pengembangan kabupaten/ kota (KaTa) kreatif oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Gedung Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Probolinggo.

“Yaitu Bromo, Tengger, Semeru. Namun masih dikeluhkan oleh masyarakat, (mereka) belum berangkat dari Kota Probolinggo," katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (13/08).

Menurut Sandiaga, adanya keluhan dari masyarakat tersebut, sehingga membidik Workshop untuk menyiapkan dari segi ekosistem.

"Agar Kota Probolinggo menjadi gerbang untuk menuju destinasi prioritas dunia tersebut,” jelasnya.

Melalui acara tersebut, dia berharap dapat menggali, memanfaatkan, menumbuhkembangkan ekonomi kreatif unggulan daerah. 

Selain itu, untuk membangun kesadaran dan komitmen seluruh pemangku kepentingan sehingga tercipta ekosistem pengembangan kabupaten/ kota kreatif yang kondusif. 

Di depan 146 peserta dari pelaku UMKM itu, Sandiaga menjelaskan beberapa tips. Ada 3-si yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang harus dimiliki peserta. 

“Kita harus mempunyai 3 -si ini kalau ingin produk kita semakin maju dan dikenal oleh masyarakat, dan jangan lupa untuk membingkainya dengan 3G,” ungkapnya.

3G yang dimaksud ialah gercep (gerak cepat), gema (gerak bersama), dan gaspol (garap semua untuk ciptakan lapangan kerja).

Selain itu, Sandiaga mengajak seluruh pelaku UMKM untuk membuat satu acara khusus setiap bulannya agar dapat menggerakkan perputaran ekonomi daerah.