Wali Kota Malang Ajak Generasi Muda Tanamkan Nilai Kebangsaan dan Patriotisme di Tasyakuran Harvetnas

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji (tengah berpeci hitam) pada kegiatan Tasyakuran Havetnas/Ist
Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji (tengah berpeci hitam) pada kegiatan Tasyakuran Havetnas/Ist

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengajak seluruh element masyarakat, khususnya para generasi muda untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta menanamkan jiwa patriotisme. 


Demikian disampaikannya saat menghadiri Tasyakuran Hari Veteran Nasional (Harvetnas), di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Senin (14/8). 

"Pada peringatan Harvetnas 2023 ini, saya berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya generasi muda Kota Malang, bahkan seluruh indonesia agar memiliki karakter, identitas dan jati diri bangsa yang kuat," ujar H. Sutiaji orang nomer satu di lingkungan Pemkot Malang tersebut. 

Tak hanya itu, pria khas berkacamata itu juga menekankan, pentingnya membangun persatuan dan kesatuan dalam menghadapi masuknya berbagai potensi ancaman di era disrupsi ini.

"Sungguh luar biasa, seperti perjuangan para veteran. Yang mana, semangatnya, pengabdiannya, serta rela berkoban tanpa akhir mengantarkan kita semua pada kesadaran semangat berjuang, rasa persatuan dan kesatuan serta kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara," tuturnya. 

Selain itu, ia juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh veteran atas jasa-jasa yang tak ternilai harganya. 

"Dirgahayu Hari Veteran Nasional, 10 Agustus 2023 kemarin. Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh veteran, betapa luar biasanya jasa para pahlawan,” katanya. 

H. Sutiaji memaparkan, bahwa Pemkot Malang akan terus menggerakkan dan menguatkan wawasan kebangsaan, menanamkan nilai-nilai patriotisme dan perjuangan kepada anak-anak peserta didik sebagai generasi penerus bangsa, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang. 

"Maka kita kuatkan nilai-nilai kebangsaan, menanamkan jiwa patriotisme dan perjuangan serta menghormati dan menghargai jasa-jasa para pendahulu kita. Sehingga bangsa kita menjadi bangsa yang cerdas, menghargai orang lain dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan,” tandasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pertimbangan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Malang mewakili Ketua Cabang LVRI Kota Malang, Letkol Mahmud, S.H, mengungkapkan apresiasi kepada pemerintah Kota Malang yang telah bersinergi dalam peringatan Hari Veteran Nasional Tahun 2023 ini.

"Dalam kesempatan yang baik ini, kami mengajak semua yang hadir untuk mengenang jasa dan pengorbanan Veteran Republik Indonesia yang telah berjuang, membela, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Serta kami ucapkan terimakasih terhadap Pemkot Malang," pungkasnya. [adv]