Indonesia Manfaatkan Kerja Sama Digital ASEAN-Korsel Melalui AKFTA

Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga saat memimpin Pertemuan Konsultasi ASEAN Economic Minister (AEM) dengan Republik Korea di Semarang, Jawa Tengah pada Selasa, 22 Agustus 2023/Ist
Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga saat memimpin Pertemuan Konsultasi ASEAN Economic Minister (AEM) dengan Republik Korea di Semarang, Jawa Tengah pada Selasa, 22 Agustus 2023/Ist

Kerja sama yang terjalin antara ASEAN dan Republik Korea atau Korea Selatan menjadi manfaat tersendiri bagi Indonesia, sebagai negara anggota. 


Menurut Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga, ASEAN dan Korea Selatan memainkan peran penting di kawasan. Sehingga kerja sama kedua pihak harus ditingkatkan untuk mencapai tujuan, termasuk melalui berbagai perjanjian yang telah disepakati bersama.

"Oleh karena itu, kerja sama tersebut harus terus ditingkatkan untuk bersama-sama mencapai pertumbuhan ekonomi yang adil, inklusif, dan berkelanjutan di kawasan," jelas Wamendag Jerry saat memimpin Pertemuan Konsultasi ASEAN Economic Minister (AEM) dengan Republik Korea di Semarang, Jawa Tengah pada Selasa (22/8).

Wamendag Jerry menilai pertemuan konsultasi ini menjadi momentum penting dalam mempererat hubungan perdagangan antara ASEAN dan Republik Korea yang telah terjalin dengan baik. Serta, untuk mendapatkan dukungan penuh bagi Indonesia sebagai ketua ASEAN tahun ini.

Di samping itu, Wamendag Jerry menambahkan, kedua pihak membahas optimalisasi perjanjian ASEAN-Korea Free Trade Area (AKFTA). Di antaranya dengan merencanakan pembaharuan AKFTA di masa mendatang, termasuk melalui penyelesaian Studi Tinjauan Bersama AKFTA dan Laporan Hasil Kajian Perdagangan Digital.

Dalam pertemuan ini, Komite Implementasi AKFTA juga ditugaskan untuk melanjutkan pembahasan hasil kedua kajian dimaksud.

“Selain itu, dalam meningkatkan kerja sama, Korea menawarkan kerja sama di beberapa sektor, yaitu digitalisasi, ekonomi hijau, dan rantai pasok,” pungkasnya dilansir dari Kantor Berita Politik RMOL.