BPKH dan MUI Luncurkan Buku Saku HAJI

Peluncuran buku saku panduan haji pada 14 Desember 2023/RMOL
Peluncuran buku saku panduan haji pada 14 Desember 2023/RMOL

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) meluncurkan pedoman buku saku haji pada Kamis (14/12). 


Dikatakan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis, kolaborasi yang dilakukan antara BPKH dan MUI ini untuk mendukung program haji Indonesia.

“Kewajiban dari MUI ini untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya berhaji. Buku ini perlu kita sampaikan kepada publik sebagai amal jariyah, yang berisi buku panduan tentang haji, keutamaannya, cara-cara merencanakan haji di dalam negeri hingga informasi mengenai pengelolaan dana haji,” jelas Cholil, dalam acara BPKH Hajj Expo 2023.

Sementara itu, dalam gilirannya, Anggota Badan Pelaksana BPKH, Harry Alexander, menyebut bahwa buku saku haji merupakan salah satu upaya MUI, dan BPKH dalam memberikan referensi utama kepada para calon haji.

“Pelaksanaan haji tidak mungkin lepas dari MUI, BPKH, dan bank syariah. Sehingga yang dibutuhkan calon haji referensi utama. Untuk itu kita meluncurkan seri pertama ada ebook dan hard copy. Untuk memperlihatkan kredibilitas lembaga yang mengurus haji,” sambung Harry.

Adapun buku itu sendiri nantinya akan segera didistribusikan ke masyarakat dalam negeri melalui kerja sama antar lembaga terkait, agen travel, hingga ormas Islam, yang tersedia dalam seluruh format, sehingga accessible,” pungkasnya.