Di Kalangan Pemilih Gen Z, Prabowo Kalahkan Ganjar dan Anies

Prabowo Subianto / net
Prabowo Subianto / net

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak hanya digandrungi pemilih berpengalaman. Tetapi, pemilih pemula atau Gen Z juga tertarik memilih Prabowo pada Pilpres 2024.


Hal tersebut menjadi temuan survei yang dirilis Lembaga Survei Jakarta (LSJ). Di kalangan Gen Z, nama Prabowo unggul dari Ganjar PRanowo dan Anies Baswedan.

"Jika Pilpres berlangsung saat ini dan hanya diikuti oleh Prabowo, Ganjar dan Anies, ternyata sebanyak 40,2 persen calon pemilih dari kalangan Gen Z mengaku akan memilih Prabowo," ujar peneliti LSJ, Fetra Ardianto, dalam paparan secara virtual, Senin (28/8).

Sementara, kata Fetra, sebanyak 34,6 persen responden dari kalangan Gen Z memilih Ganjar dan 20,4 persen menyatakan pilihannya pada Anies.

Sebagai politisi senior, kata Fetra, menjadi menarik jika ternyata Prabowo justru mampu menarik minat kalangan pemilih Gen Z.

"Ini tentu merupakan fenomena anomali yang menarik. Prabowo Subianto satu-satunya bakal capres 2024 dengan usia lanjut justru lebih didukung oleh kalangan Gen Z," katanya.

"Sebaliknya Ganjar yang gemar bergaya anak muda dan sangat aktif di media sosial sebagaimana layaknya Gen Z, justru tidak menjadi pilihan anak-anak dengan rentang usia 17 hingga 26 tahun tersebut," demikian Fetra.

Survei LSJ dilaksanakan pada 14-24 Agustus 2023 di 38 provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

Jumlah sampel sebesar 1.200 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis.

Survei menetapkan margin of error +/- 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.