Bicara Soal TKD ASN Jakarta, Anies Puji Pertanyaan Kritis Mahasiswa

Anies Baswedan/net
Anies Baswedan/net

Bakal calon presiden Anies Baswedan menjadi yang pertama menyambangi Universitas Indonesia (UI). Kedatangan Anies, untuk memberikan kuliah kebangsaan.


Dalam pertemuan yang berlangsung Selasa kemarin (29/8), Anies membedah topik "Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan".

"Di kampus, kita memang harus menumbuhkan pikiran-pikiran kritis, maka di kampus nyali harus tetap terjaga untuk berani bertanya dan mengkritik kepada siapa pun di forum apa pun," kata Anies seperti dikutip redaksi melalui akun Instagramnya.

Pertanyaan kritis, lanjut Anies, membuat yang ditanya harus memberikan jawaban terbaiknya dan akan membawa manfaat bagi semua yang ikut menyimak.

Salah satu pertanyaan kritis untuk Anies dilontarkan mahasiswi FISIP UI Irma Josephine. Dia menagih janji Anies soal pembayaran kekurangan tunjangan kinerja daerah (TKD) aparatur sipil negara (ASN) saat pandemi Covid-19.

Menjawab pertanyaan tersebut, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu pun memberi penjelasan dan garansi TKD yang sempat dipotong itu akan balik seiring dengan kembalinya APBD DKI Jakarta.

Anies pun memberikan pujian pada FISIP UI dan mahasiswa yang telah mengundang serta memberikan pertanyaan-pertanyaan kritis dalam kuliah umum itu.

"Terima kasih kepada Dekan FISIP UI, panelis, panitia, dan utamanya terima kasih atas pertanyaan-pertanyaaan keras dan super kritis dari teman-teman mahasiswa," kata Anies Baswedan.