Arahan SBY Demokrat Cooling Down Dulu Usai Tarik Dukungan ke Anies

Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)/Net
Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)/Net

DPP Partai Demokrat masih menunggu arahan Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menentukan langkah politik selanjutnya dalam mengarungi Pemilu 2024. 


Terbaru, Demokrat telah mencabut dukungannya terhadap bakal capres Anies Baswedan dan keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), yang dibentuk bersama Nasdem dan PKS.

“Akan ke mana arah dan langkah politik Demokrat ke depan? Sesuai arahan Pak SBY selaku Ketua MTP, beberapa hari ini kami colling down dulu,” kata Deputi Bappilu DPP Demokrat, Kamhar Lakumani dalam keterangannya dimuat Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (2/9).

Menurut Kamhar, SBY meminta seluruh kader untuk menjernihkan pikiran agar keputusan yang diambil tepat.

Bagi Demokrat, sikap Nasdem yang diklaim secara sepihak menduetkan Anies dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin adalah peristiwa di luar batas kepatutan dan menabrak etika politik.

Hal tersebut menjadi pembelajaran penting bagi partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk lebih berhati-hati dalam memilih rekan koalisi.

“Kami bersyukur persekongkolan jahat ini terbuka lebih awal, sehingga masih tersedia cukup waktu untuk merumuskan langkah-langkah ke depan secara seksama dan dengan pertimbangan yang masak,” pungkasnya.