Sembarangan Bakar Ilalang, Lahan Kosong Penuh Tumpukan Sampah Plastik Terbakar Hebat

Lahan yang terbakar
Lahan yang terbakar

Lahan kosong yang dipenuhi rumput ilalang dan tumpukan sampah plastik, dikawasan Jalan Raya Sumengko Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terbakar hebat.


Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Gresik AH. Sinaga, peristiwa itu dipicu oleh adanya pembakaran rumput ilalang yang tidak dilakukan penjagaan. 

"Karena cuaca yang panas ditambah tiupan angin yang cukup kencang, hal ini yang membuat api cepat merambat dan membesar hingga menyambar tumpukan sampah plastik," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (2/9).

Api yang kian membesar lanjut Sinaga membuat salah seorang warga setempat bernama Priska, melaporkan peristiwa kebakaran ilalang itu ke call center DPKP Gresik. Sehingga, petugas langsung bergerak menuju kelokasi kejadian.

"Setelah menerima laporan dari warga, personil lengkap dan armada kami langsung diturunkan. Sesampai di lokasi petugas meng size up lokasi kebakaran dan melakukan pemadaman  di sekitar lokasi kebakaran serta pembasahan agar api tidak kembali muncul," tuturnya.

"Berkat kerja keras personil kami yang di back up mobil pemadam dari perusahaan yang berada disekitar lokasi kejadian, api akhirnya mampu di padamkan," ungkapnya.

Meski api sudah berhasil dipadamkan, sambung Sinaga, petugas di lokasi meng size up ulang lokasi kejadian untuk memastikan tidak ada titik api lagi di lokasi kebakaran. Sebab jika hal itu tidak dilakukan, potensi munculnya api bisa terjadi, menginggat cuaca panas yang sangat terik.

"Dalam peristiwa ini nihil korban, tetapi kami menghimbau masyarakat untuk tidak sembarangan membakar rumput atau sampah. Apalagi saat cuaca panas dan terik seperti saat ini," tukasnya.

"Jika membakar sampah atau rumput harus dipastikan aman dan harus diawasi jangan sampai membakar lalu ditinggal tanpa pengawasan. Hal itu justeru sangat berbahaya," tandasnya.