Bersama Rumah UMKM, Agatha Retnoaari Ajak Pelaku Usaha Menengah untuk  Agresif Mengembangkan Diri

Agatha Retnosari/ist
Agatha Retnosari/ist

Sebagai salah satu anggota DPRD Jawa Timur, Agatha Retnosari, S.T. sangat peduli dengan pengembangan UMKM. 


Dalam perbincangannya melalui salah satu podcast radio bulan lalu, Agatha memberikan semangatnya agar UMKM bisa naik kelas. 

“Saatnya UMKM, khususnya yang ada di kota Surabaya dengan produk-produk yang cukup kompetitif harus dinaikkan kelas, agar produknya bisa berkembang dan diminati, tidak hanya warga Surabaya, tapi juga warga di luar Surabaya,” begitu ungkapnya, Selasa, (5/9)

Dukungan terhadap UMKM tentunya tidak pernah berhenti. Terbukti ketika Agatha menghadiri pelatihan UMKM bersama Barto & friends di Surabaya Suite Hotel, Selasa, (5/9).

Rumah UMKM selaku penyelenggara acara sengaja mengundang Agatha dan memberikan ruang bagi Agatha untuk memberikan semangat sekaligus membagikan peluang-peluang yang memungkinkan bagi para pelaku UMKM ini.

Pentingnya Menguasai Public Speaking menjadi tema pelatihan kali ini. Ruangan Kenari dipenuhi oleh peserta pelatihan rumah UMKM batch 7 dan 8. Rudy Yohannes Susanto, Program Director (PD) sekaligus host senior MercuryFM yang memberikan materi pelatihan hari ini, membagikan konsep tentang bagaimana berbicara di depan umum, bagaimana menarik perhatian sampai membuat orang tertarik untuk mendengarkan lebih lanjut tentang apa yang kita sampaikan. Hal ini penting karena pelaku UMKM harus punya percaya diri saat berjualan produknya, tidak hanya sekedar bisa membuat saja.

Tak lama setelah penyampaian materi, para peserta pelatihan diajak untuk berdiskusi secara berkelompok tentang suatu permasalahan, kemudian harus berani tampil ke depan untuk mempresentasikannya.

Sebagai jeda penampilan antar kelompok tersebut, Aldy, panggilan akrab Rudy, memanggil dan memperkenalkan Agatha kepada para peserta pelatihan. Peserta tentu terpancing untuk mengetahui lebih lanjut, apa saja yang pernah dibuat oleh Agatha selama menjabat sebagai anggota dewan.

Sebagai anggota komisi B DPRD Jawa Timur yang bergerak di bidang perekonomian, Agatha menyampaikan berbagai kegiatan pelatihan untuk UMKM yang pernah dibuatnya bersama Dinas Koperasi Jawa Timur. 

Ada pelatihan membuat foto dan video produk, pelatihan terkait membuat kemasan produk yang menarik, termasuk pendampingan untuk mendapatkan sertifikasi halal. Perijinan menjadi salah satu hal penting untuk kelancaran dan kemajuan usaha, sehingga hal-hal seperti itu juga menjadi perhatian Agatha. Dia gencar mensosialisasikan dan memberikan pendampingan tentang prosesnya. 

“Semua data ada di sosial media dan website saya di https://agatharetnosari.com/ untuk mengetahui lebih lanjut kinerja saya. Monggo, kalau ada yang ingin diskusi atau menyampaikan aspirasi bisa colek saya di sana," ungkapnya.

Selain itu, perempuan yang siap maju lagi sebagai caleg DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil 1 ini terus berupaya menampung berbagai aspirasi di setiap kunjungannya. Bukti nyata telah ditunjukkan di periode sebelumnya. 

Saatnya kini untuk melanjutkan perjuangan untuk mendampingi pelaku UMKM ini sampai benar-benar bertumbuh dan maju. Harapannya akan ada UMKM baru dan UMKM naik kelas, dengan target 2.000 UMKM bertumbuh setiap tahunnya. UMKM ini jadi salah satu alternatif mengatasi kesempatan lowongan pekerjaan yang semakin sulit.

“Ketika memutuskan jadi pelaku UMKM atau pengusaha, maka harus agresif untuk mencari pasar. Agresif mengembangkan diri bersama Barto & friends," tutupnya.

Penutup ini disampaikan Agatha dengan harapan, para pelaku UMKM benar-benar punya semangat untuk belajar banyak hal dan menggunakan kesempatan sebaik-baiknya. Banyak program-program pendampingan dari pemerintah yang bisa dimanfaatkan agar pelaku UMKM bisa terus berkembang, demi perekonomian Indonesia dan masyarakat Surabaya khususnya, agar lebih maju.