Operasi SAR Terhadap Lima ABK Hilang di Pantai Grajagan Ditutup

Korban yang ditemukan terakhir / HMS
Korban yang ditemukan terakhir / HMS

Korban terakhir kejadian terbaliknya kapal Mekar Jaya akibat dihantam ombak di Pantai Grajagan Banyuwangi akhirnya ditemukan tim SAR gabungan. Tolip (50) warga asal Bojonegoro ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia pada pencarian hari keenam ini, Senin (11/09).


"Korban atas nama Tolip ditemukan tim SAR gabungan di bibir pantai yang terletak di timur lokasi kejadian dengan jarak 3.20km,” jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Surabaya, Muhamad Hariyadi, S.Sos. selaku SAR Mission Coordinator (SMC). 

Setelah dievakuasi, korban dibawa ke pelabuhan Grajagan Banyuwangi dan kemudian diserahkan kepada pihak keluarga. 

Sebelumnya, korban atas nama Wakik (41) dan Santoso (55) ditemukan tim SAR gabungan pada Rabu (06/09) kemudian satu korban diidentifikasi sebagai To (32) ditemukan tim SAR gabungan pada Minggu (10/09). Hari ini, Senin (11/09), tim SAR gabungan menemukan satu korban atas nama Dorik (55) sekitar pukul 05.45 WIB dan kembali menemukan korban atas nama Tolib (50) sekitar pukul 15.15 WIB. Kelimanya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. 

Dengan ditemukannya Tolip, maka operasi SAR terhadap lima ABK Kapal Mekar Jaya yang dalam pencarian tim SAR gabungan sejak Rabu (06/09) dapat ditutup dan unsur SAR gabungan dapat kembali ke satuan masing – masing. Adapun unsur SAR yang terlibat dalam pencarian ini antara lain Pos SAR Banyuwangi, Polair Grajagan, Pos AL Muncar, BPBD Banyuwangi, Pos Kamladu Grajagan, Agen Informasi Bencana, RAPI, Ambulance RAPI, MTA, 851 Banyuwangi, serta nelayan sekitar.