Prabowo Janji Perbaiki Gizi Siswa SD Dan Pesantren, Kesira Jatim: Siapkan SDM Hadapi Indonesia Emas 2045

Benjamin Kristianto/ist
Benjamin Kristianto/ist

Ketua Kesehatan Indonesia Raya (Kesira) Jawa Timur Benjamin Kristianto menyambut baik program Bacapres Prabowo Subianto untuk memberikan makan siang dan susu tambahan bagi anak sekolah hingga pesantren.


Kebijakan itu dinilai sangat bagus, untuk menyiapkan SDM demi menyongsong Indonesia emas 2045.

“Saya kira program itu sangat realistis. Karena nanti bangsa Indonesia akan mengalami bonus demografi dan puncaknya adalah tahun 2045. Pak Prabowo sangat konsen dan kebijakan itu akan memperbaiki kecerdasan SDM generasi muda kita, dengan pemenuhan gizi yang cukup,” katanya ketika dikonfirmasi.

Anggota DPRD Jatim dari Dapil Sidoarjo itu menjelaskan, dengan pemberian susu bagi anak-anak sekolah dan pesantren, berdampak besar bagi masa pertumbuhan anak.

Dijelaskannya, komposisi dalam susu antara lain protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan. Selain itu, meminun susu juga mengandung kalsium yang tinggi yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang.

Apalagi, dengan pemberian makanan bergizi, akan meningkatkan kecerdasan otak.

“Manfaat pemberian susu akan berdampak besar pada kecerdasan anak, mereka akan tumbuh dan berkembang secara baik, baik kecerdasan otak maupun perkembangan lainnya,” tambah dia.

Dijelaskan dia, dengan program tersebut, dia meyakini angka stunting di Indonesia yang masih tinggi bisa ditekan secara signifikan.

Selama ini, menurut dia, banyak warga kurang mampu, yang kesulitan memberikan makanan bergizi bagi anaknya.

“Dengan kebijakan ini maka laju stunting akan ditekan dan generasi muda kita akan bisa bersaing pada 2045 mendatang,” jelasnya.

Sebenarnya, dr Benjamin Kristiano menjelaskan, Prabowo Subianto sudah lama konsentrasi untuk membenahi kecerdasan generasi muda. Bertahun-tahun lalu, Prabowo Subianto telah meluncurkan program revolusi putih.

Program itu memberikan susu dan makanan gratis di sekolah, telah dilakukan oleh kader Gerindra.

“Kalau pak Prabowo terpilih menjadi presiden, maka program ini akan dioptimalkan. Saya yakin akan baik dan mampu mempersiapkan generasi muda kita kedepannya,” pungkasnya.

.

Seperti diketahui, Bakal calon presiden (Bacapres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menjanjikan program peningkatan gizi bagi anak-anak sekolah hingga pesantren.

Caranya dengan memberikan makan siang bergizi dan susu gratis untuk anak sekolah. Programnya itu ia sampaikan dalam pidato politik saat Konsolidasi Pemenangan Partai Bulan Bintang di Padang, Sumatera Barat.

"Selanjutnya kita harus, rencana kita memberi makan siang dan minum susu gratis untuk semua murid di sekolah negeri, sekolah swasta, pesantren, anak-anak balita dan bantuan gizi untuk ibu-ibu hamil," kata Prabowo dikutip dari siaran Live YouTube Gerindra TV, pada Minggu (10/9/2023).

Prabowo bilang, program-program dari pemerintahan Presiden Jokowi untuk anak-anak sekolah sudah cukup banyak dan perlu ditingkatkan lagi seperti Kartu Indonesia Pintar.

Seandainya dirinya terpilih menjadi Presiden RI, program pemberian makan siang dan susu gratis untuk anak sekolah sudah dihitung dengan matang oleh tim pakar ekonominya. Meski bakal menyedot banyak anggaran, program tersebut bukanlah hal yang mustahil dijalankan.