HUT Ke-78, KAI Hadirkan Rail Clinic dan Rail Library di Stasiun Caruban

Kegiatan rail clinic di stasiun Caruban/RMOLJatim
Kegiatan rail clinic di stasiun Caruban/RMOLJatim

Rangkaian kegiatan HUT ke-78 KAI, serta program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) KAI Daop 7 Madiun menghadirkan kembali layanan kesehatan kereta sehat (Rail Clinic) dan layanan kereta pustaka (Rail Library).


Acara dilaksanakan di Stasiun Caruban Kabupaten Madiun. 

Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto, menjelaskan masyarakat yang menerima undangan, dalam kegiatan ini akan mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama dengan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic generasi ke-4 yang meliputi Pemeriksaan Poli Umum oleh dokter umum, Pemeriksaan Poli Gigi oleh Dokter Gigi. 

"Diharapkan, dengan adanya pengobatan melalui Rail Clinic di Stasiun Caruban ini, dapat memberikan nuansa yang baru dan semakin menyehatkan Masyarakat. Serta bagi masyarakat yang tinggal berdekatan dengan Stasiun atau rel kereta api, untuk sama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset KAI," ujar Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Supriyanto, kepada Kantor Berita RMOLJatim, rabu (27/9). 

Supriyanto menambahkan, pemeriksaan kandungan, ibu dan anak dilakukan dengan menggunakan alat penunjang diagnistik USG, pemeriksaan mata oleh refraksionis menggunakan alat penunjang diagnostik ARK.

Juga dilakukan pemberian Obat-obatan sesuai dengan resep dokter poli oleh Apoteker KAI. Selain itu, PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan (kacamata) secara gratis untuk 26 siswa-siswi SDN Pandean 1 dan SDN Purwosari 1 Kabupaten Madiun.

Pada kegiatan bakti sosial di Stasiun Caruban tersebut, KAI menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 3 dokter umum, 2 dokter gigi, 2 bidan, 2 apoteker, dan 8 paramedis.

Disamping layanan kesehatan, Rail Clinic Generasi ke-4 juga tersedia layanan Rail Library atau kereta pustaka. Siswa siswi serta masyarakat sekitar yang hadir dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di Rail Library tersebut yang di dalamnya menyediakan ratusan buku bacaan, dan dilengkapi pula dengan fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa 6 buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, yang terkoneksi dengan internet.

"Rail Library merupakan layanan perpustakaan diatas kereta, dimana didalamnya terdapat taman baca bagi siswa sekolah, juga edukasi tentang perkeretaapian," pungkas Supriyanto.

Dalam kegiatan bakti sosial ini KAI Daop 7 Madiun terdapat edukasi kesehatan gigi dan mulut,  edukasi keamanan dan keselamatan perjalanan KA kepada masyarakat yang hadir. 

Kegiatan bakti sosial berlangsung mulai pukul 08.00 dengan mengundang sebanyak 200 masyarakat yang terdiri dari warga sekitar Stasiun Caruban.