Sambangi Warga Banyuwangi, Dokter Agung Ajak Melek Politik

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Masyarakat sangat membutuhkan pendidikan politik, agar bisa menentukan pilihannya dengan tepat dan benar sesuai aspirasi mereka. Pasalnya, pendidikan politik akan membantu masyarakat menjadi warga nengara yang baik dan meningkatkan jiwa nasionalisme mereka.


Hal itu dikatakan oleh oleh Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jatim dokter Agung Mulyono mengatakan, politik dan demokrasi seperti dua sisi mata uang.

Keduanya memiliki nilai yang sama dan saling menguatkan, namun anggapan negatif masyarakat terhadap politik harus diperbaiki.

Menurut anggota Fraksi Demokrat ini, pendidikan politik memberikan pembelajaran bagi setiap warga negara yang berisi berbagai hak dan kewajiban serta tanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kata dokter alumni Unair dalam pertemuan sambang warga dibeberapa titik, diantaranya dari Tambakrejo, Purwoharjo, Bangorejo, Siliragung.

Bendahara DPD Partai Demokrat Jatim ini menambahkan, masyarakat harus melek politik sebab partisipasi aktif masyarakat akan menjadi bagian dari sejarah yang memastikan keberhasilan pemerintahan Indonesia yang berkelanjutan.

"Maka dari itu, jangan sampai anak muda Indonesia bersikap abai dan tidak punya bekal pengetahuan dunia politik," tegas dokter yang hobi gowes ini.

Menurut Putra Purwo ini, dengan melek politik masyarakat dapat memberikan masukan pembangunan kepada pemerintah.

"Semua proses kebijakan untuk kepentingan rakyat banyak melalui proses politik, maka saya mengajak kepada semua yang hadir agar kita harus melek politik, tidak boleh apatis," ujar dokter yang hobi menyanyi ini.

Sementara itu tokoh masyarakat seperti H Sadali asal Purwoharjo menyambut baik pendidikan politik yang di edukasi oleh dokter Agung.

Bahkan dia bangga terhadap dokter Agung yang selama ini telah menjadi wakil rakyat yang amanah.

"Banyak sekali beliau perannya dalam membantu masyarakat. Salah satunya membantu warga yang sedang sakit dan langsung merujuknya ke RSUD Soetomo Surabaya," ujarnya.

Hal senada dikatakan oleh Kepala Desa Tambakrejo, Nanang Widayat.

Menurutnya,dokter Agung merupakan sosok wakil rakyat yang selalu tanggap dengan persoalan warga. Selain membantu di bidang kesehatan, sosial, juga ekonomi.

"Beliau juga yang membantu membuat akses jalan di daerah sini, sehingga perekonomian warga berjalan dengan baik," katanya.