Peringati Maulid Nabi Muhammad, DHIBRA Bangkalan Gelar Santunan Nasional

Santunan DHIBRA Bangkalan/Ist
Santunan DHIBRA Bangkalan/Ist

Dhilal Berkat Rochmat Allah (DHIBRA) Perwakilan Daerah Kabupaten Bangkalan melaksanakan Santunan Nasional (Satnas) ke-19, untuk mensyukuri hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.


Santunan nasional DHIBRA Bangkalan dilaksankan di Jami'atul Mudzakkirin Yarjuu Rahmatallah, akses sisi barat Suramadu, Desa Pangpong, Kecamatan Labang, Bangkalan.

Pemberian santunan berupa paket bahan pokok, yang terdiri dari beras, gula, mie, minyak goreng, air mineral Maaqo, dan uang tunai 200 ribu rupiah.

DHIBRA merupakan salah satu organisasi yang ada dalam lingkungan lembaga pendidikan Thoriqoh Shiddiqiyyah yang berpusat di Pesantren Majmaa'l Bahrain, asuhan Kiai Moch Muchtar Mu'thi Muchtarullah Al Mujtabaa (Mursyid), Desa Ploso, Kecamatan Losari, Kabupaten Jombang.

Sebanyak 73 paket diberikan kepada anak yatim, yatim piatu, fakir miskin dan kaum duafa. Penyerahan santunan yang dilakukan secara simbolik kepada anak yatim dilaksanakan pada acara Tasyakkuran Maulidin Nabi Muhammad SAW dan HUT DHIBRA Shiddiqiyyah ke-23.

Ketua Umum DHIBRA, Nyai Shofwatul Ummah dalam sambutannya menyampaikan, agenda santunan ini merupakan bagian perwujudan cinta tanah air Indonesia. Lain dari itu agar selamat dari golongan yang dijuluki sebagai pendusta agama.

"Pada hakikatnya santunan ini hanya menyampaikan haknya anak yatim, yatim piatu, dan kaum duafa yang ada pada pribadi kita masing-masing," ujar Nyai Shofwah melalui sambungan internet yang disiarkan secara langsung ke DHIBRA Perwakilan Daerah yang ada di seluruh Indonesia, Selasa (3/10/2023).

Kata PD DHIBRA Bangkalan, Ainur Rofik. Pelaksanaan santunan nasional ini rutin dilaksanakan setiap tahun, yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Pada santunan nasional tahun ini diikuti lebih kurang di 25 Propinsi dan 160 Kabupaten/Kota serta perwakilan luar negeri antara lain,  Malaysia, Singapore dan Australia. Acara penyerahan santunan pada pukul 10.00 WIB

"Santunan nasional ini bertujuan mensyukuri atas nikmat agung kelahiran Nabi Muhammad SAW dan lahirnya DHIBRA," ucap Ainur Rofik.