Sekda Prov Jatim: Acara Karapan Sapi Sudah Masuk Dalam Kalender Wisata Provinsi Jawa Timur

Grand Final Karapan Sapi, Piala Presiden 2023, Bangkalan
Grand Final Karapan Sapi, Piala Presiden 2023, Bangkalan

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono yang hadir mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, secara resmi membuka event Grand Final Karapan Sapi, Piala Presiden 2023, Bangkalan, Rabu (08/10/2023).


Pada pidato sambutan pembukaan gelaran karapan sapi. Sekda Prov Jatim menyampaikan bahwa event karapan sapi ini merupakan pagelaran budaya tradisional, dan tahun ini menjadi bagian rangkaian kegiatan penyelenggaraan hari jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur.

Sekda Adhy Karyono dalam pidatonya mengakui, bahwa memang tidak mudah melakukan upaya pelestarian budaya luhur di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi media sosial, dan sarana digital.

Di kesempatan itu pula, dia mengatakan karapan sapi bukan sekadar pesta rakyat dalam ajang tahunan. Melainkan sebuah kebanggaan bagi masyarakat Madura dan Jawa Timur, sehingga bisa mengangkat martabat pemilik sapi.

"Bahwa acara karapan sapi sudah masuk dalam kalender wisata Provinsi Jawa Timur, yang pelaksanaannya dipromosikan secara nasional, maupun internasional," kata Sekda Prov Jatim.

Sementara itu Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan, Arief M Edie,  pada sambutan selamat datang. Dia mengingkatkan kepada masyarakat Madura untuk tetap melestarikan budaya kearifan lokal yang merupakan identitas tradisi Madura.

"Karapan sapi merupakan refleksi dari kearifan lokal, budaya asli pulau Madura, yang dilaksanakan sejak dahulu kala dan berkembang serta lestari sampai sekarang. Keberadaannya harus dilestarikan jangan sampai tergerus oleh arus globalisasi," seru Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan

Perhelatan grand final karapan sapi yang memperebutkan Piala Presiden RI, tahun 2023. Diikuti oleh sebanyak 24 pasang sapi yang datang dari empat daerah kabupaten, antara lain, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Di ajang tahunan perebutan piala bergilir ini. Tiap-tiap kabupaten se-Madura Raya menerjunkan 6 pasang sapi balap. Sapi-sapi duta perwakilan daerah tersebut, merupakan pasangan sapi karapan yang sudah melalui seleksi, yang lolos sebagai pemenang karapan sapi di daerah masing-masing.

Gelaran Grand Final Piala Presiden tahun ini adalah penyelenggaraan piala bergilir ke-21. Grand final karapan sapi, Piala Presiden tahun ini dilangsungkan di Stadion Kerapan Sapi (SKEP) H.Mohammad Noer, Bangkalan.

Acara Grand Final Karapan Sapi Piala Presiden di lintasan pacu SKEP dihadiri pejabat Provinsi Jawa Timur, Forkopimda dan OPD, perwakilan empat kabupaten se Madura Raya.