DPC Partai Gerindra Malang Usulkan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang saat Rakorcab/Ist
DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang saat Rakorcab/Ist

DPC (Dewan Pimpinan Cabang) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Malang mengusulkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (Bacawapres) mendampingi bakal calon presiden (Bacapres) Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.


Gibran yang merupakan sosok putra sulung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai pantas mendampingi Prabowo Subianto untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat. 

Demikian dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Malang Chusni Mubarok, usai menggelar Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) pada Rabu (11/10) . 

"Rakorcab yang kami selenggarakan pada hari ini, telah sesuai dengan apa yang diperintahkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD)," ungkap politisi Partai Gerindra yang akrab disapa Chusni tersebut. 

"Salah satu pertimbangannya mengusulkan Gibran, karena dinilai memiliki kreativitas yang mumpuni. Sehingga dianggap layak dalam memfasilitasi keinginan masyarakat khususnya generasi milenial," imbuhnya. 

Mengerucutnya hingga diusulkan nama Gibran, menurut Chusni berawal dari instruksi DPP maupun DPD Partai Gerindra. Kemudian DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang melakukan turun ke bawah (Turba) untuk menyerap aspirasi dari masyarakat. Termasuk menyerap masukan serta pertimbangan dari para kader Partai Gerindra di Kabupaten Malang.

"Dari hasil Turba yang dilakukan pengurus DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang, termasuk Bapilu (Badan Pemenangan Pemilu) ke PAC (Pengurus Anak Cabang) sekaligus para Caleg (calon legislatif) kita dan para kader-kader Partai Gerindra di Kabupaten Malang munculah beberapa usulan nama. Namun dari sekian usulan, nama Gibran mencuat dan paling dominan untuk menjadi Bacawapres mendampingi Prabowo Subianto dalam Pemilu 2024," paparnya. 

Selain itu, ia menyampaikan, pertimbangan nama Gibran tersebut tidak terlepas dari dedikasi yang ia lakukan selama ini. Gibran dinilai sukses memperjuangkan hak rakyat saat menjabat sebagai Walikota Surakarta.

"Setidaknya ada tiga pertimbangan Prabowo cocok berduet dengan Gibran pada Pilpres 2024. Pertama, Prabowo Subianto berkomitmen untuk melanjutkan pemerintahan setelah kepemimpinan Jokowi sebagai presiden, yang dianggap telah berhasil memimpin Negara Indonesia selama dua periode. Di mana, gaya kepemimpinan Gibran, dianggap mirip dengan Jokowi. Sehingga diharapkan bisa berjuang bersama Prabowo Subianto, pada kepemimpinan selanjutnya," terangnya

"Pertimbangan kedua, politisi kelahiran 1 Oktober 1987 tersebut dianggap layak untuk menjembatani kreativitas para kaum milenial. Kemudian, dedikasi dan kreativitas tinggi dari Gibran tersebut cocok jika dipadukan dengan sosok Prabowo Subianto. Tidak perlu diragukan lagi," tambahnya. 

Kemudian Chusni menjelaskan, usulan nama Prabowo dan Gibran merupakan kombinasi paling ideal dari lintas generasi. Pak Prabowo dengan strong leadership dan kemampuan diplomasi internasional-nya. Di sisi lain, kita butuh Mas Gibran untuk mewujudkan mimpi serta harapan generasi milenial yang identik dengan kreativitas. 

"Hasil dari Rakorcab DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang ini dalam waktu dekat ini akan disampaikan kepada DPD dan DPP Partai Gerindra. Diharapkan, dengan adanya usulan DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang mengenai sosok ideal tersebut, bisa lebih memantapkan Prabowo Subianto untuk menentukan siapa sosok yang akan dipilih sebagai pendamping Cawapres pada Pemilu 2024," bebernya. 

Terakhir, Chusni mengatakan, dalam pernyataannya Sekretaris DPD Gerindra Jawa Timur (Jatim), Kharisma Febriansyah menyebut 38 DPC Gerindra kabupaten/kota se-Jatim telah sepakat mengusulkan Gibran sebagai Cawapres Prabowo Subianto.

Kesepakatan tersebut tinggal menunggu langkah formal dari masing-masing DPC se-Jatim. Yang man, DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang menjadi salah satu yang lebih dulu menyelesaikan Rakorcab usulan Gibran sebagai Cawapres pendamping Prabowo.

" DPD Gerindra Jatim sejak awal sudah memasrahkan kepada Pak Prabowo yang memutuskannya. Apapun yang diputuskan Pak Prabowo, kami satu komando, dan ternyata teman-teman DPC bergerak membuat Rakorcab dan semua mengusulkan Mas Gibran," pungkasnya.