Prabowo Diprediksi Masuk Putaran Dua Pilpres 2024 Jika Berpasangan dengan Gibran atau Erick

Erick Thohir, Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka/Net
Erick Thohir, Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka/Net

Berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka atau Erick Thohir, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diyakini bakal lolos putaran kedua, jika Pilpres 2024 berjalan dua putaran. 


Hal tersebut, terekam dalam survei terbaru PatraData. Survei dilakukan melalui wawancara telepon kepada 1.220 responden, yang dimulai tanggal 1-7 Oktober.

Peneliti PatraData Rezki Adminanda mengatakan, survei menyiapkan dua skema simulasi. Pertama, menyajikan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Hasilnya Prabowo-Gibran unggul 33,9 persen dari pasangan Ganjar-Mahfud 30,1 persen, dan Anies-Muhaimin dengan 17,6 persen," kata Rezki dalam keterangan tertulis dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Sementara itu, katanya, terdapat 18,5 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak jawab.

Pada simulasi kedua, lanjutnya, disajikan pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno, Prabowo Subianto-Erick Thohir, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Prabowo lagi-lagi unggul dengan pasangannya Erick Thohir pada angka 38 persen. Kemudian diurutan berikutnya terdapat pasangan Ganjar-Sandiaga 27,8 persen," tuturnya.

"Serta yang terakhir Anies-Muhaimin dengan 16,5 persen, dan terdapat 17,7 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak jawab," pungkasnya.

Survei menggunakan asumsi simple random sampling. Ditetapkan margin of error sebesar ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.