Pengamat: Jokowi Telah Bayar Tunai Jasa Prabowo

Prabowo Subianto (tengah) saat mengusung Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama pada Pilgub DKI Jakarta 2012/Net
Prabowo Subianto (tengah) saat mengusung Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama pada Pilgub DKI Jakarta 2012/Net

Pakar komunikasi politik dan hukum, Tamil Selvan alias Kang Tamil menilai Presiden Joko Widodo telah membayar tunai jasa rang-orang yang membantu, salah satunya Prabowo Subianto, yang pernah mengantarkan menjadi gubernur DKI Jakarta hingga presiden.


Kang Tamil berpendapat bahwa hasil Pemilu 2024 membuktikan Jokowi tidak lupa orang-orang yang pernah berjasa kepadanya.

"Jadi kalau ada yang mengatakan Jokowi berkhianat kepada Megawati, berarti kurang melihat perpolitikan secara holistik. Jadi Jokowi itu merasa utang budi kepada Prabowo yang mendukung pada Pilgub DKI 2012," kata Kang Tamil kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (18/2).

Saat itu Prabowo merupakan kekuatan utama yang membawa Jokowi dari Solo ke DKI Jakarta, termasuk membiayai kontestasi pada pilkada saat itu.

"Hari ini Jokowi menunaikan semua utang-utang itu. Artinya, Jokowi landing dari kepemimpinannya dengan membayar tunai orang-orang yang pernah berjasa kepadanya," paparnya.

Dosen Universitas Dian Nusantara itu juga menambahkan, jika ada anggapan bahwa Jokowi berkhianat kepada PDIP Perjuangan, itu keliru, justru PDIP yang menikmati kekuasaan 10 tahun Jokowi sebagai presiden.