Hasto Sebut Khofifah Masuk Radar Cawapres Ganjar

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto/ist
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto/ist

Nama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjadi rebutan partai pengusung Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto untuk menjadi Cawapres Capres yang mereka usung. 


Setelah beberapa partai pengusung Prabowo mengusulkan nama Khofifah termasuk Partai Demokrat dalam rapat pleno DPP jumat kemarin yang mengusulkan nama Khofifah, PDI Perjuangan juga tidak menampik nama Khofifah masuk dalam list Cawapres Ganjar Pranowo.

PDI Perjuangan melalui Sekertaris Jendral (Sekjen) nya, Hasto Kristiyanto membenarkan adanya nama Khofifah dalam daftar Cawapres yang masuk list PDI Perjuangan.

"Ya nama mbak Khofifah masuk radar kita dan masuk list. Memang ada beberapa nama lainnya yang masuk list kita unruk dicalonkan swbagai cawapres mas Ganjar nanti," ujarnya yang dikonfirmasi usai membuka Rapat Koordinasi Pemenangan Pileg dan Pilpres 2024 di Surabaya, Sabtu (14/10/2023). 

Dalam kesempatan ini Hasto juga sempat memuji Khofifah, yang merupakan salah seorang kandidat cawapres Ganjar. Menurut Hasto, Khofifah memiliki rekam jejak baik. Gubernur Jatim yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU itu dinilai sebagai sosok cerdas. 

"Akar dengan NU memiliki kerjasama baik, sejarah baik dengan Bung Karno itu menjadikan kami satu," ungkapnya menambahkan. 

Menurut Hasto pada pertengahan Maret lalu sejumlah nama cawapres sudah digodok. Sejumlah nama pun sudah dihimpun. Diantaranya, ada nama Khofifah Indar Parawansa, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Mahfud MD, Erick Thohir hingga Andika Perkasa. Sejumlah nama itu sudah dicermati dengan melihat sejumlah aspek. 

"Bu Mega sudah menerima masukan pula dari Presiden Jokowi, dan ketua umum partai pengusung. Banyaknya nama yang dipertimbangkan. Itu menunjukkan kapasitas Ganjar sebagai pemimpin yang baik. Sehingga, memiliki banyak nama kandidat wakil," ucapnya.

Hasto juga menyatakan saat ini nama Cawapres Ganjar Pranowo sudah semakin mengerucut bahkan tinggal satu nama dan hanya menunggu momentum untuk diumumkan oleh Megawati Soekarnoputri. 

"Siapa dia, nanti bu Ketua Umum yang akan mengumumkan. Tunggu saja PDI Perjuangan bakal memberi kejutan sosok Cawapres yang akan kita umumkan nanti," ucap Hasto.

Hasto juga mengatakan pegumumannya besar kemungkinan akan dilakukan di rentang masa pendaftaran capres/cawapres. Sebagaimana jadwal di Komisi Pemilihan Umum, pendaftaran itu dimulai pada tanggal 19 hingga 25 Oktober 2023. Hasto menyebut, pihaknya masih merancang kejutan pengumuman. 

"Tentu ini akan menjadi momentum yang baik. Kami rancang narasi yang sesuai dengan karakter yang sebenarnya. Narasinya tidak bisa dibuat-buat dengan karakter yang sebenarnya," pungkasnya.