Gibran Maju Cawapres, Cak Imin Minta Jokowi Berlaku Adil

foto/net
foto/net

Sebagai pemimpin negara dan pemerintahan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah sepatutnya bersikap netral di Pilpres 2024.


Meskipun putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka saat ini telah menjadi bakal calon wakil presiden Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Pesan ini disampaikan Cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Muhaimin Iskandar menanggapi undangan makan siang Presiden Jokowi bersama tiga bakal capres, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

"Islam mengajarkan harus adil meskipun kepada anaknya," kata sosok yang akrab disapa Cak Imin itu lewat video singkatnya yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Senin (30/10).

"Kalau ngaku Islam, Islam itu perintahnya adalah bersifat adil meskipun terhadap anaknya," sambung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Jokowi sendiri merestui putranya Gibran yang menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto. Hal ini ditegaskan Jokowi usai memimpin Apel Hari Santri Nasional 2023, di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu pagi (22/10).

"Orang tua tugasnya hanya mendoakan dan merestui," kata Jokowi.

Presiden RI dua periode itu menegaskan, dirinya tidak pernah mempengaruhi setiap keputusan politik Gibran yang saat ini menjabat wali kota Solo tersebut.

"Keputusan semua sudah dewasa, jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan oleh anak-anak kita," tandas Jokowi.