KAI Daop 9 Jember Siapkan 432 Kursi Angkutan Gratis Untuk Peserta Tajemtra 2023

Stasiun KAI Daop 9 Jember/Ist
Stasiun KAI Daop 9 Jember/Ist

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember menyediakan satu rangkaian yang bisa digunakan oleh peserta Gerak Jalan Tanggul Jember Tradisional (Tajemtra) tahun 2023 untuk berangkat dari Stasiun Jember menuju Stasiun Tanggul secara gratis pada Sabtu, 25 November 2023. 


Penyediaan angkutan Publik Gratis tersebut, sebagai bentuk sinergi antara KAI Daop 9 Jember dengan Pemerintah Kabupaten Jember.

"KAI akan menjalankan Kereta Luar Biasa (KLB) Tajemtra yang bisa digunakan oleh para peserta Tajemtra untuk menuju Stasiun Tanggul secara gratis,” ujar Pelaksana Harian manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (25/11).

Satu rangkaian kereta api itu, lanjut dia, memiliki kapasitas 432 tempat duduk, akan diberangkatkan dari Stasiun Jember 10.15 WIB. dan akan tiba di Stasiun Tanggul pukul 10.50 WIB.

"Meski angkutan gratis, tapi bagi para peserta Tajemtra yang akan menggunakan kereta api tetap wajib memiliki tiket," jelasnya.

Cara untuk mendapatkan tiket tersebut, para peserta harus mengisi formulir yang telah disediakan oleh panitia. Pada formulir tersebut peserta harus mengisikan nomor pendaftaran serta Nomor Induk Kependudukan (NIK), hal itu untuk memastikan bahwa satu peserta hanya bisa memiliki satu tiket. Setelah itu nanti KAI akan mencetakkan tiket sesuai dengan formulir yang telah diisi oleh peserta, sehingga masing-masing peserta akan duduk sesuai dengan nomor tempat duduk yang tertera pada tiket.

Selain itu pekerja KAI Daop 9 Jember juga akan turut meramaikan Tajemtra yang digelar sebagai event tahunan sejak tahun 1977 tersebut.

"Kami berharap hadirnya angkutan kereta api gratis untuk mengangkut para peserta Tajemtra tahun 2023 ini dapat mengurangi kepadatan di jalan raya akibat banyaknya masyarakat yang berangkat menuju tanggul dengan kendaraan pribadi." 

Sementara Kabit Lalulintas Dinas perhubungan Pemkab Jember, Erwin Prasetyo menyambut baik sinergi PT KAI Daop 9 jember, yang menyediakan angkutan gratis untuk peserta Tajemtra.

"Kami berharap peserta bisa memanfaatkan KAI tersebut, dengan baik, sehingga tidak perlu repot-repot bawa kendaraan sendiri ke Tanggul," katanya.