Viral Aksi Demo Buruh di Surabaya, Tendang Satpol PP dan Terekam Video 

Satpol PP Surabaya yang ditendang buruh/ repro
Satpol PP Surabaya yang ditendang buruh/ repro

Pada Kamis 30 November 2023, sekitar pukul 14.30 WIB, dua petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Surabaya menjadi korban penganiayaan dari massa aksi demonstrasi di Jalan A Yani, Surabaya. 


Peristiwa itu sempat viral di berbagai media sosial.

Sementara dalam laporan tertulis di media sosial, aksi itu bermula ketika petugas Satpol PP AM dan TA sedang melaksanakan tugasnya menjaga pedestrian di rute 2, sebelum Bundaran Dolog hingga Royal Plaza menggunakan sepeda angin. 

Saat itu, massa aksi demonstrasi buruh dengan jumlah sekitar 5.000 orang menutup akses masuk Kota Surabaya. 

 Dalam situasi tersebut, seorang warga meminta izin agar bisa melintasi akses jalan yang ditutup demi pergi ke tempat kerjanya. Petugas Satpol PP, dengan inisiatif meminta izin membuka sedikit akses jalan kepada salah satu pendemo.

Namun justru dihadapi dengan serangan anarkis dari sebagian massa tersebut. 

Petugas Satpol PP AM bahkan sampai terjungkal setelah ditendang dengan keras oleh seorang pendemo, sementara itu petugas TA mengalami hal serupa dengan diinjak-injak oleh beberapa orang demonstran. 

Peristiwa tersebut dengan jelas terekam video yang akhirnya viral. Untungnya, sebagian massa demonstrasi turut melerai insiden tersebut. Namun, akibat serangan yang terjadi, kedua petugas Satpol PP tersebut mengalami cidera serius. AM terjatuh setelah diserang, sedangkan TA diinjak-injak tanpa manusiawi oleh sejumlah pendemo.