Mahfud MD Kunjungi Jombang, Ziarahi Makam Pendiri Nahdlatul Ulama dan Gus Dur

foto/net
foto/net

Mahfud MD Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3 melakukan sejumlah kunjungan ke Jombang, Jawa Timur, Sabtu (02/12) sore. Dalam silaturahimnya, Mahfud menaiki helikopter landing dilapangan stadion setempat.


Setiba di Jombang, Cawapres pasangan Ganjar Pranowo ini langsung menuju ke Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas. Mahfud disambut Pengasuh Ribath Al Muhajirin 2 Ponpes Bahrul Ulum, KH Abdul Wahab Yahya.

Selanjutnya, Mahfud masuk ke kediaman Anggota DPRD Jatim Fraksi PPP Achmad Silahuddin atau Gus Adi yang berada persis di depan makam KH Wahab Chashulloh. Hadir pula Ketua Gerakan Pemuda Ka'bah GPK Jatim Mujtahidur Ridho atau Gus Edo.

Di rumah tersebut pria kelahiran Pulau Madura ini hanya sekitar 15 menit. Kemudian menuju makam keluarga besar Pondok Tambakberas. Dimakam KH Wahab Chasbullah, Mahfud MD melantunkan tahlil yang dipimpin langsung oleh KH Latif Malik dan KH Abdul Wahab Yahya.

Cawapres Mahfud MD menjelaskan pihaknya pada kegiatan hari ini dan besok keliling Jawa Timur. Secara umum ada dua acara. Pertama, halaqah di beberapa tempat dan pengajian umum. Namun, ada yang hanya kunjungan ziarah. Yakni di makam pendiri NU KH Wahab Chasbullah. Lalu ke Pondok Tebuireng, ziarah ke makam Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid).

"Kiai Wahab Chasbullah ini sangat menginspirasi nasionalisme dengan ungkapan Hubbul Wathon Minal Iman (cinta tanah air sebagian dari iman)," kata Mahfud, dikutip Kantor Berita Politik RMOLJatim.

Menurutnya, Hubbul Wathon Minal Iman itu sangat terkenal di Indonesia. Ungkapan ini lahir dari Kiai Wahab Chasbullah. Maka dari itu, dirinya ziarah ke makam KH Wahab Chasbullah. "Sesudah itu, dirinya ziarah ke Gus Dur di Tebuireng," ujar mantan Ketua MK (Mahkamah Kosntitusi) ini.

Usai berziarah ke makam KH Wahab Chasbullah, Mahfud melanjutkan perjalanan ke Makam Presiden RI ke4 KH Abdurrahman Wahid. Setiba di Ponpes Tebuireng, ia disambut oleh Pengasuh KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin dan keluarga pesantren lainnya.

Dari rundown kegiatan Mahfud MD di Jawa Timur akan singgah di beberapa kota diantaranya Sidoarjo, Surabaya dan Situbondo. Mahfud juga akan melakukan ziarah ke makam KH Asad Syamsul Arifin di Situbondo, kemudian Kiai Zaini di Paiton Probolinggo.

"Pertemuan besarnya tadi di Trenggalek. Nanti malam di Sidoarjo, lalu besok malam di Bondowoso," pungkasnya.