Paspamwapres Tiba di Jember, 450 Personil Polisi-TNI Dikerahkan Amankan Kunjungan Wapres Ma’ruf Amin

Paspampres saat simulasi pengamanan kunjungan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di depan Pendopo Wahya Wibawagraha Pemkab Jember/RMOLJatim
Paspampres saat simulasi pengamanan kunjungan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di depan Pendopo Wahya Wibawagraha Pemkab Jember/RMOLJatim

Pasukan Pengamanan Wakil Presiden (Paspamwapres) sudah tiba di Jember, sehari menjelang kunjungan kerja Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, pada Rabu (6/12) besok.


Bahkan Paspamwapres langsung melakukan simulasi pengamanan dan pengawalan bersama TNI-Polri setempat, yang melibatkan 450 personel.

Pengamanan dilakukan 3 lapis ring1, ring 2 hingga ring 3 dari Bandara Noto Hadi Negoro Jember, Pendopo Wahya Wibawagraha Pemkab Jember hingga lokasi kunjungan PT Semen Imasco Asiatic Desa Puger Wetan Kecamatan Puger.

"Pengamanan kami hanya ring 2 dan ring 3 atau pengamanan luar saja," kta aKapolres Jember AKBP Mohammad Nurhidayat, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (5/12).

Paspampres bersama TNI-Polri melakukan simulasi Pengamanan dimulai di Pendopo Wahya Wibawagraha Pemkab Jember. Yakni mulai dari apel pasukan di alun-alun Jember kota, melakukan sterilisasi lokasi, hingga melakukan gladi bersih pengamanan menempatkan personil setiap simpang 3 dan simpang 4 sepanjang jalur yang akan dilalui Wapres Ma’ruf Amin.

Gladi bersih ini juga melibatkan kendaraan taktis TNI-Polri seperti mobil Tank, untuk memastikan kelancaran dan keamanan kunjungan Wapres Ma’ruf Amin.

Nurhidayat menjelaskan sudah menggelar rapat koordinasi di pimpin Paspampres, bersama TNI-Polri. 

Ia mengaku pihaknya mendapatkan tugas pengamanan ring 2 dan 3 dan tidak bisa mengakses ke ring 1 tanpa seijin Paspamwapres.

Wapres Ma’ruf Amin bersama rombongan diperkirakan mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember pukul 11.15 WIB, kemudian menuju Pendopo Wahya Wibawagraha Pemkab Jember, sebelum bertolak ke PT Semen Imasco Asiatic di Puger.

Rencananya pukul 13.00 WIB, Ma’ruf Amin bersama rombongan berangkat menuju PT Semen Imasco Asiatic Puger.

Kegiatan kunker tersebut dalam rangka pemberian bantuan Program Stunting untuk warga sekitar.

Sebelumnya, putri KH Ma'ruf Amin, Siti Mamduhah, juga berkunjung ke pabrik dengan investor China, pada 8 September 2022 lalu. Pabrik yang memproduksi semen cap singa merah ini berada dalam naungan Hongshi Holding Group, memiliki total aset di kisaran USD 9,6 miliar.