Pastikan Arah dan Tujuan Jangka Panjang Pembangunan, Pemkab Madiun Gelar Konsultasi Publik RPJPD 2025-2045

Keterangan foto : Pj Bupati Madiun Tontro Pahlawanto saat membuka konsultasi publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) di pendopo muda Graha/ist
Keterangan foto : Pj Bupati Madiun Tontro Pahlawanto saat membuka konsultasi publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) di pendopo muda Graha/ist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar konsultasi publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Madiun tahun 2025-2045 di Pendopo Muda Graha kota Madiun, Rabu (6/12)


RPJPD Kabupaten Madiun Tahun 2025-2045 memiliki tujuan untuk memberikan arah dan tujuan jangka panjang pembangunan, selain itu juga untuk memberikan gambaran umum tentang keadaan yang diinginkan pada akhir Tahun 2045.

" Rancangan RPJPD Kabupaten Madiun 2025-2045 ini menjadi sebuah tahapan atau rangkaian awal menindaklanjuti regulasi Permendagri yang ada tentunya, ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan baik melalui survei melalui forum diskusi dan selanjutnya kita konsultasikan secara formal," kata kepala Bappeda Kabupaten Madiun Kurnia Aminulloh.

Konsultasi publik ini diselenggarakan, dengan harapan diakhir bulan Desember 2023 sudah mendapatkan rancangan RPJPD kabupaten Madiun 2025 - 2045 dan akan dibawa ke musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang). Selanjutnya akan ditetapkan dalam peraturan daerah. 

"Hari ini kita konsultasikan secara formal dengan harapan akhir Desember ini kita mendapatkan sebuah rancangan tapi kalau hari ini masih rencana rancangan nanti menjadi sebuah rancangan awal dari RPJPD 2025 2045 yang nanti akan kita bawa pada musrenbang. Ketentuan paling lambat nanti 1 tahun sebelum selesainya RPJPD yang lama jadi paling lambat Agustus 2024 ini kita harus sudah menetapkan dalam peraturan daerah," pungkasnya. 

Acara konsultasi publik Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Madiun tersebut dibuka langsung oleh Pj Bupati Madiun Tontro Pahlawanto. Tampak hadir dalam acara tersebut pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Madiun, Forkopimda, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat.