Cegah Kecurangan, Roy Suryo Sarankan Podium Debat Capres-Cawapres Pakai Bahan Transparan

foto/net
foto/net

Berbeda dari debat capres pada 12 Desember 2023, KPU RI memutuskan menyiapkan podium dalam debat cawapres yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, pada Jumat lusa (22/12).


Pakar telematika, Roy Suryo menyarankan podium debat cawapres yang disediakan KPU dibuat secara transparan dari bahan akrilik untuk menghindari adanya kecurangan dari salah satu paslon.

"Untuk menghindari cheating (curang) adanya hidden atau remote prompter, saya mendesak agar podium dibuat transparan seperti ini, murah dengan bahan akrilik cukup," tulis Roy dikutip dari akun media sosial X pribadinya, Rabu (20/12).

Mantan Menpora ini juga mendorong KPU RI agar memperhatikan hal-hal kecil agar kecurangan benar-benar tidak terjadi. Seperti dengan meniadakan penggunaan headset yang menempel di kuping.

"Juga tidak perlu dua mik seperti kemarin, cukup clip on (tanpa headset). Kalau perlu ada multi-jammer anti illegal feeding," sambung Roy.

Sebelumnya, KPU RI memutuskan akan menyiapkan podium dalam debat capres dan cawapres. Podium ini akan disediakan pada debat kedua hingga debat terakhir.

"Jadi mulai debat kedua sampai terakhir masing masing pasangan mengusulkan supaya disiapkan podium sederhana," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Senin (18/12).

 

"Kalau kemarin kan sama sekali tidak ada podium kan, nanti akan pakai podium," sambungnya.