Lampu Kamar Meledak Rumah Warga Gresik Ludes Terbakar

Kebakaran di Gresik
Kebakaran di Gresik

Sebuah rumah yang berada di Jalan Sunan Giri, Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terbakar hingga menimbulkan kepanikan warga setempat.


Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Gresik, AH. Sinaga, kebakaran terjadi saat pemilik rumah yang bernama Nafik sedang menganti lampu. 

"Pemilik rumah awalnya menganti lampu yang berada di kamar rumahnya, setelah diganti dan dinyalakan tiba-tiba lampu meledak. Sehingga menimbulkan percikan api, dengan cepat menyambar plafon atap rumah," ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (30/12). 

Melihat kejadian tersebut, lanjut Sinaga membuat pemilik rumah panik dan langsung keluar untuk menyelamatkan diri. Namun, beruntung salah seorang warga langsung melaporkan kejadian ke call center Damkarla Gresik. 

"Api yang sudah membesar dan naik kebagian atas rumah dengan cepat merambat ke beberapa bagian lainnya. Tapi berkat kesigapan petugas kami, api mampu dilokalisir agar tidak meluas kerumah lainnya dan akhirnya berhasil dipadamkan," tuturnya. 

"Penyebab terjadinya kebakaran, di pastikan karena konsleting listrik jika merujuk pada pengakuan pemilik rumah," imbaunya. 

"Selama bulan Desember 2023, ada 23 kali peristiwa kebakaran di wilayah Kabupaten Gresik. Sedangkan sepanjang tahun 2023 telah terjadi 520 kali kejadian," pungkasnya.