Upaya Daniel Rohi Perjuangkan Kesejahteraan Pelaku Pariwisata Di Batu

Daniel Rohi/net
Daniel Rohi/net

Anggota komisi B DPRD Jawa Timur Daniel Rohi menerima sejumlah aspirasi pelaku pariwisata di kota Batu. Mereka berharap agar Pemprov Jatim membuat kebijakan untuk memproteksi Tour Guide dan pelaku wisata, untuk meningkatkan kesejahteraan.


Politisi PDIP Jatim itu menuturkan, pihaknya mendorong Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) untuk memproteksi Tour Guide agar bisa mengantarkan rombongan wisatawan dari luar. Dia mencntohkan, di provinsi Bali, ketika wisatawan masuk wilayah itu, mereka akan dikawal oleh pemandu wisata lokal.

“Sebagai contoh kalau mereka ke Bali tidak boleh, meski antar rombongan. Mereka ingin Jatim ada aturan yang sama sehingga ketika ada wisatawan yang masuk mereka juga mendapatkan penghasilan,” katanya.

Selain itu, dia juga mendesak agar Pemprov Jatim membantu memberikan asuransi kepada para pelaku wisata karena tergolong pekerja beresiko tinggi.

“Pekerja tour guide beresiko tinggi, kalau boleh dapat asuransi seperti BPJS dan lain lain. Mereka bawa bus, dan kena kriminal supaya diberikan asuransi seperti BPJS,” tambah anggota DPRD Jatim dari Dapil Malang Raya itu.

Wakil Ketua DPD PDIP Jatim itu juga berharap agar Pemprov memfasilitasi agar para Tour Gide bisa memperoleh peningkatan sertifikat profesi mereka. Bantuan itu sangat penting, agar pegiat wisata dan Tour Guide di Batu bisa meningkatkan skillnya.

“Kami mendorong agar Pemprov memfasilitasi mereka supaya bisa meningkatkan jadi asesor lewat dana Pemprov Jatim,” tegasnya.

Dijelaskan Daniel Rohi, peningkatan kemampuan para Tour Guide itu sangat penting untuk mendorong pertumbuhan kunjungan wisata di Jatim.

“Kunjungan pariwsata di Jatim sangat besar. Harus ada usaha konkrit dari pemerintah untuk membantu pelaku wisata. Mreka berperan promosi pariwisata,” pungkasnya.