Pendekatan Aglomerasi, Angkutan Umum Mojokerto-Batu Via Cangar Beroperasi

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Moda transportasi umum antar kota di Jatim Trans Jatim, kini bertambah rutenya. Bila sebelumnya yang berangkat dari Terminal Kertajaya Kota Mojokerto ada rute Mojokerto - Surabaya PP, Mojokerto - Gresik PP, mulai Rabu (24/1/2024) bertambah yakni Mojokerto – Batu via Cangar PP.


Angkutan umum Mojokerto-Batu Via Cangar resmi beroperasi dengan dilaunchingnya trayek bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Non Ekonomi di Terminal Tipe B Kertajaya Kota Mojokerto Rabu (24/1).

Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro, Sekda Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono, serta Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu Mochamad Agoes Machmoedi melaunching pembukaan rute tersebut.

Menurut Mas Pj, sapaan akrab Pj. Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro, adanya pengembangan pelayanan bus AKDP tersebut merupakan langkah strategis dan solutif bagaimana meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat dengan menggunakan pendekatan aglomerasi.

"Sekarang sudah bukan jaman nya masing-masing daerah harus berkompetisi, tapi berkolaborasi. Dengan adanya rute baru ini Mojokerto-Batu via Cangar kita berharap akan menjadi pengungkit ekonomi sehingga masyarakat Mojokerto maupun Batu akan berdampak," tutur Mas Pj.

Menurutnya ini sejalan dengan program Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bagaimana seluruh daerah bisa terkoneksi, tidak boleh lagi ada daerah yang termarjinalkan.

"Tugas kami Pemerintah Kota/Kabupaten untuk membuat jejaringnya yang menghubungkan antar kecamatan, kelurahan maupun antar destinasi wisata. Kita harus paksa masyarakat untuk meninggalkan moda transportasi pribadi dan beralih ke moda transportasi masal yang aman, nyaman, murah, dan tepat waktu," imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Nyono menjelaskan Bus AKDP trayek Mojokerto-Batu via Cangar yang diprakarsai PT. Bagong DKK Makmur dengan menggunakan armada jenis Mitsubishi, dengan melewati rute Terminal Mojokerto, Pasar Dlanggu, Kutorejo, Bundaran Pacet, Cangar, Bumiaji, dan Terminal Batu.

"Panjang rutenya 57 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam, kemudian interval waktu antar kendaraan itu 1 jam, dengan 6 unit kendaraan, berangkat 3 unit pulang 3 unit dengan kapasitas masing-masing unit 12 orang," terang Nyono.

Bus AKDP trayek Mojokerto-Batu via Cangar ini akan beroperasi mulai pukul 5 pagi sampai dengan 4 sore dengan tarif promo sebesar Rp. 30.000, sebelum tarif normal Rp.40.000. Terkait keamanan, Nyono memastikan telah dipilih driver yang handal untuk menjamin keamanan dan kenyamanan serta keselamatan penumpang. Selain itu, trayek baru tersebut juga telah dilakukan proses uji coba.