Kalah Dari Jepang, Timnas Indonesia Masih Berpeluang Lolos 16 Besar

Timnas Indonesia versus Jepang di laga pamungkas Grup D di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1) malam WIB/Ist
Timnas Indonesia versus Jepang di laga pamungkas Grup D di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1) malam WIB/Ist

Kekalahan 3-1 dari Jepang dalam pertandingan pamungkas Grup D di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1) malam WIB, belum otomatis mengubur mimpi timnas Indonesia lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023. 


Untuk lolos ke 16 Besar Piala Asia untuk pertama kalinya, Indonesia masih menaruh harapan kepada hasil dua pertandingan di Grup E dan F. Laga tersebut adalah antara Yordania dan Bahrain, serta Kyrgyzstan kontra Oman.

Timnas senior masih bisa lolos jika Yordania meraih kemenangan besar atas Bahrain, karena bakal unggul selisih gol. Sedangkan duel antara Kyrgyzstan dan Oman diharapkan tanpa pemenang.

Saat ini, di klasemen peringkat 3 Piala Asia 2023, Timnas Indonesia yang memiliki 3 poin dari 3 pertandingan, menempati urutan 4. Tim asuhan Shin Tae-yong ada di bawah Palestina (Grup C) yang punya 4 poin, Suriah (Grup B) yang punya 4 poin, dan Bahrain (Grup E).

Timnas Indonesia dipastikan finish di atas China (Grup A) yang punya 2 angka.

Dalam laga ketiga di Grup D, pemain Jepang Ayase Ueda menjadi bintang saat melawan timnas Indonesia. Ia membukukan dua gol untuk Jepang pada menit ke-6 penalti dan 52.

Di samping itu, satu gol Jepang lainnya tercipta seusai Justin Hubner melakukan gol bunuh diri.

Timnas Indonesia sendiri mendapatkan gol hiburan melalui tendangan Sandy Walsh pada injury time, tepatnya menit ke-90+1.