TKN Prabowo-Gibran Temukan Dugaan Pelanggaran Pemilu di Jatim dan Jateng

Habiburokhman menunjukkan video dan foto dugaan kecurangan di Jatim dan Jateng/Ist
Habiburokhman menunjukkan video dan foto dugaan kecurangan di Jatim dan Jateng/Ist

Tim Kampanya Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menemukan indikasi kecurangan secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM) di dua provinsi, Jawa Timur dan Jawa Tengah.


Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman, mengatakan, di Jawa Tengah pihaknya memperoleh informasi bahwa ada petinggi partai politik yang mengumpulkan penyelenggara Pemilu di sebuah hotel, diduga untuk konsolidasi memenangkan Paslon tertentu.

Di Jawa Timur, TKN menemukan bukti indikasi kecurangan saat acara konsolidasi dan training of trainers (TOT) petugas PPK dan PPS se-Kabupaten Jember, di Hotel Cempaka, 22 Januari 2024.

“Ada narasi, mereka akan merusak surat suara pemilih Prabowo-Gibran, DPR RI Nasdem, Gerindra, dan PKS, dengan cara menggunakan paku yang dipasang di meja KPPS,” jelas Habiburokhman, saat jumpa pers di Jalan Sriwijaya 1, Jakarta Selatan, Minggu (28/1).

Menurut Habiburokhman, di hotel itu juga terdapat simbol-simbol dukungan untuk memenangkan pasangan tertentu.

“Pada acara itu ada sejumlah penyelenggara Pemilu yang menunjukkan gestur dan simbol dukungan terhadap Capres tertentu. Kami mendapatkan foto dan video terkait kasus itu,” katanya.

Terkait dua pelanggaran itu, dia segera berkoordinasi secara formal dengan melaporkan kepada Bawaslu.

“Untuk Jawa Timur per hari ini sudah dilaporkan, sementara yang Jawa Tengah proses, mungkin satu dua hari ini, kita lengkapi dan laporkan,” pungkasnya.