Bawaslu Kabupaten Probolinggo Sapu Bersih APK di Jalan Protokol

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Aksi sapu bersih tanpa tebang pilih dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo.


Hal ini merupakan tindak lanjut dari sebuah kesepakatan bersama pihak terkait tentang aturan pemasangan alat peraga kampanye (APK) yang terpasang di sepanjang jalan protokol Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo.

Hal itu dituangkan dalam sebuah berita acara bersama dengan nomor 385/PL.01.6.BA/3513/2023 tentang Rapat Koordinasi (Rakor) Penentuan Titik Lokasi Alat Peraga Kampanye (APK) pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Dari Rakor tersebut menghasilkan kesepakatan antara lain, dilarang memasang alat peraga kampanye (APK) sepanjang jalan protokol yaitu sepanjang jalan Panglima Sudirman, dimulai dari Kampus Universitas Zainul Hasan Kraksaan Probolinggo sampai depan Masjid Al Mu'aminah (dimaksud jalan protokol-red).

Berita acara tersebut ditandatangani oleh Pj. Sekretariat Daerah, Dandim 0820 Probolinggo, Kapolres Probolinggo, Kasat Pol-PP, Kadis Perijinan, Kesbangpol linmas, Kadis Lingkungan Hidup, Komisioner Bawaslu Kabupaten Probolinggo, KPU Kabupaten Probolinggo.

Dengan berpedoman pada berita acara bersama tersebut. 

Bawaslu Kabupaten Probolinggo menggelar sapu bersih APK dengan mengerahkan seluruh komponen Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Probolinggo.

Tampak hadir dalam giat tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Yonki Hendriyanto, Kordiv P3S Tola Edy, Kordiv HP2H Mawardi Azkia, Kordiv PP Ubaidillah, Kordiv SDM Sipuadi, 15 personil Satpol-PP, 72 Komisioner Panwaslu Kecamatan.

Sebelum digelar sapu bersih APK, Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Yonki Hendriyanto dalam apel siaganya berpesan, lakukan pembersihan APK dengan humanis, tanpa harus merusak.

"Jangan sampai ada APK sebelum diturunkan kondisinya baik, tapi setelah diturunkan kondisinya rusak. Jika APK yang sudah tampak rusak, maka sebelum diturunkan harus di dokumentasikan terlebih dahulu," Yonki, Jumat (02/2).

Sementara, Kordiv P3S Tola Edy dengan sapaan akrabnya Cak Tole mengatakan, giat yang digelar sebagai tindak lanjut dari sebuah berita acara kesepakan bersama yang telah di tanda tangani oleh jajaran terkait.

"Kami sapu bersih APK yang ada di sepanjang jalan protokol Kraksaan ini tanpa pandang bulu, untuk APK yang besar, anggota kami sudah berupaya untuk menurunkan, namun keterbatasan alat, maka kami tunda sambil menunggu alat dan ahli panjat Billboard ini," pungkasnya.


ikuti update rmoljatim di google news