KPU Bondowoso Mulai Distribusikan Surat Suara, Dapil Terluar Tujuan Pertama

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bondowoso mulai mendistribusikan surat menuju sejumlah kecamatan yang akan di terima oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masing-masing. Sebanyak 12 armada angkutan bak terbuka berupa truk mulai mengangkut surat suara menuju daerah pemilihan (dapil) 3 di Bondowoso.


"Karena dapil 3 Bondowoso merupakan daerah terluar bagi kami" ujar Ketua KPU Bondowoso, Junaidi dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (9/2). 

Adapun di hari pertama pendistribusian ini, ada 3 kecamatan terjauh yang diutamakan pengiriman yakni kecamatan Ijen, kecamatan Sumber Wringin dan Kecamatan Sukosari. 

"Sekitar seratusan ribu surat suara dikirim dan akan diterima PPK setempat," terangnya. 

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Bondowoso untuk melakukan pengaman surat suara selama berada di kecamatan hingga tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing. 

"Sudah kami komunkasi kabag ops Polres Bondowoso untuk pengamanan," ucap Junaidi. 

Junaidi mengaku tidak ingin ada preseden buruk terhadap pendistribusian surat suara tersebut, terlebih saat H-1 pencoblosan saat sudah berada di TPS. 

"Pernah ada kasus surat suara dicoblos terlebih dahulu oleh oknum, harapan kami tidak (terjadi) seperti itu," imbaunya. 

Sementara itu, pendistribusian surat suara tersebut akan berlangsung hingga tanggal 12 nanti, dimana dapil 4 dan dapil 1 adalah tujuan terakhir dan tanggal 13 Februari surat suara sudah menuju TPS. 

" Karena dapil 1 sekitar kota dan dapil 4 jarak dekat dan jalurnya cukup bagus" pungkasnya.