Polres Probolinggo Terjunkan Ratusan Anggotanya Jaga TPS Pemilu 2024

Wakapolres Probolinggo saat mengecek persiapan pasukan untuk diterjunkan ke TPS. /RMOLJatim
Wakapolres Probolinggo saat mengecek persiapan pasukan untuk diterjunkan ke TPS. /RMOLJatim

Kepolisian Resor Probolinggo, menggelar apel Pengecekan Kesiapan Personel pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) di Lapangan Apel Mapolres Probolinggo.


Apel pengecekan ini dipimpin Wakapolres Probolinggo Kompol Supiyan dengan diikuti pejabat utama, kapolsek jajaran, dan seluruh anggota Polres Probolinggo.

Dalam arahannya, Kompol Supiyan menjelaskan bahwa apel ini bertujuan memastikan kesiapan personel dan perlengkapan dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses pemungutan suara.

“Perlengkapan tersebut meliputi tas dan rolling bed. Nantinya personel pengamanan TPS diharapkan segera melengkapi diri dengan berbagai keperluan perorangan lainnya seperti senter, rompi, jas hujan, dan tongkat serta borgol,” kata Wakapolres Probolinggo, Jum'at (9/02).

Kompol Supiyan juga menekankan pentingnya netralitas dan profesionalisme personel dalam menjalankan tugas pengamanan. 

Personel diminta untuk selalu siaga dan waspada terhadap potensi gangguan keamanan selama proses pemungutan suara berlangsung.

“Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, jaga netralitas dan profesionalisme Polri. Pastikan situasi di TPS aman dan kondusif,” tuturnya.

Wakapolres menambahkan bahwa Polres Proboolinggo akan menerjunkan 381 personel dalam pengamanan pemungutan dan penghitungan suara di 2.885 TPS di Kabupaten Probolinggo.

“Jaga soliditas dengan instansi lain, jaga netralitas dan kesehatan rekan-rekan selama pengamanan nanti, pedomani buku panduan pengamanan Pemilu yang telah dibagikan, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, kekuatan dan petunjukNya supaya kita bisa memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pungkas Wakapolres.