APMMJ Dorong Pertumbuhan dan Inovasi Pelaku Usaha IKM Bangkalan

APMMJ Korwil Bangkalan di acara Anniversary/RMOLJatim
APMMJ Korwil Bangkalan di acara Anniversary/RMOLJatim

Akselerasi Produsen Makanan Minuman Jawa Timur (APMMJ) Korwil Bangkalan merayakan ulang tahun pertamanya dengan mengadakan acara anniversary.


Acara tersebut dilaksanakan di gedung Convention Hall di Taman Budaya, Sentra Industri Kecil Menengah (IKM), Desa Baengas, Kecamatan Labang, Bangkalan, Kamis (29/2/2024).

APMMJ Korwil Bangkalan didirikan pada tahun 2023 dan diresmikan di Dinas Perindustrian Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bangkalan oleh Plt Kepala Disperinaker Qory Yuniastuti.

Ketua Korwil APMMJ, Rita Ningsih mengatakan bahwa APMMJ Korwil Bangkalan yang berada di bawah binaan Disperinaker Bangkalan bertujuan untuk membantu para pelaku usaha meningkatkan kualitas produksi dan promosi pemasaran. APMMJ juga aktif mengunjungi pelaku ekonomi di tingkat paling bawah.

Selain kegiatan di bidang perekonomian, kata Rita, APMMJ juga memberikan pelatihan kepada para pengusaha yang bergabung, sehingga mereka dapat lebih aktif berinovasi dalam mengembangkan jenis produk dan model pengemasan.

Agenda lainnya, para pengusaha makanan dan minuman yang tergabung dalam APMMJ juga menjalankan program kemanusiaan dengan memberikan santunan kepada keluarga pra sejahtera anak yatim.

"Sebagai wujud syukur kemajuan dan keberhasilan pengembangan usaha. Kiita melakukan kunjungan kepada orang-orang yang tidak mampu untuk membantu perekonomian mereka. Acara ini dilakukan setiap Ramadhan," kata Rita.

Kepala Bidang (Kabid) Industri Agro, Mita Yuliasari mengakui bahwa APMMJ merupakan organisasi yang sangat berperan dalam meningkatkan produktivitas pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

Pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui Disperinaker Bangkalan memberikan fasilitas pelatihan kepada IKM makanan dan olahan agar mereka dapat terus mengembangkan usahanya.

"Jadi memang para pelaku usaha ini kami berikan fasilitas juga pembinaan, baik dalam sisi memproduksi hingga nantinya memasarkan produk mereka. Di Serntra IKM ini memang ada gedung untuk mempromosikan," ujar Mita.

Dalam upaya mengatasi kendala pemasaran, Disperinaker mendorong pelaku IKM untuk menggelar acara bazar dan mengikutsertakan produk mereka dalam ajang pameran IKM.

Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan hasil produksi para pelaku usaha IKM kepada masyarakat.

Disperinaker juga memberikan dukungan dalam pengembangan para pengusaha dengan cara jemput bola, yaitu mendatangi mereka secara aktif untuk memberikan bantuan dan pembinaan.

"Kami sering mengikutkan produk-produk unggulan di berbagai pameran," kata Mita.

Menurut Mita, dengan adanya APMMJ dan peran Disperinaker, diharapkan para pelaku usaha IKM di Bangkalan dapat terus berkembang dan meningkatkan kualitas produk serta pemasaran mereka.

Acara anniversary perdana ini dihadiri pimpinan APMMP Jatim dan pelaku usaha IKM anggota APMMP Bangkalan.