Terpilih Jadi LAZ Provinsi Pengumpulan Terbaik Baznas Awards, Taman Zakat Komitmen Hadirkan Kebahagiaan di Masyarakat

LAZ Taman Zakat memperoleh Baznas Award / ist
LAZ Taman Zakat memperoleh Baznas Award / ist

Terpilih Jadi LAZ Provinsi Pengumpulan Terbaik Baznas Awards, Taman Zakat Komitmen Hadirkan Kebahagiaan di Masyarakat


Lembaga Amil Zakat (LAZ) Taman Zakat memang belum lama berdiri. Usianya baru 5 tahun. Namun, beberapa waktu lalu, LAZ tingkat provinsi ini dinobatkan sebagai LAZ tingkat provinsi terbaik se-Indonesia dari sisi pengumpulan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). 

Secara rutin tahunan, Baznas memberi penghargaan untuk sejumlah pihak yang ikut mendorong peningkatan zakat di Indonesia. Ada kepala daerah, tokoh masyarakat, ormas hingga Lembaga Amil Zakat.

Mendapat award yang prestisius itu, Ziyad, General Manager Taman Zakat mengaku tidak menyangka. "Sangat surprise, apalagi untuk LAZ yang tergolong masih muda seperti kami. In syaa Allah ini akan memberi dorongan untuk terus bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Jatim," katanya. 

Menurutnya, kuncinya ada di konsistensi. Konsisten dalam melaporkan hasil kerja, konsisten berkomunikasi dengan Baznas dan Kemenag, konsisten menginformasikan program kami kepada donatur. 

"Ini tentu saja bagian dari transparansi kerja kami sebagai lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada yang berhak menerima," kata Ziyad. 

Meski demikian, Ziyad mengaku bahwa penghargaan yang diterima merupakan bonus dari kerja-kerja bersama sebagai bagian dari mitra pemerintah yang dilakukan untuk menguatkan dan memberdayakan masyarakat.

"Ini bonus, award sebenarnya bukan tujuan kami. Namun setelah mendapatkan penghargaan ini, insyaallah kami akan terus bergerak lebih semangat mengalirkan kebaikan, menghadirkan kebahagiaan dan kebermanfatan langsung kepada masyarakat," katanya.

Ziyad menjelaskan, Taman Zakat berdiri di Sidoarjo pada 29 Desember 2018. Menginjak usia 5 tahun  lebih, pada 29 Februari 2024 di Jakarta lalu, Taman Zakat terpilih menjadi LAZ Provinsi terbaik se-Indonesia oleh Baznas. 

"Kami sangat bersyukur, atas penghargaan yang luar biasa ini. Terimakasih kepada semua donatur atas kepercayaan nya, juga kepada tim Taman Zakat atas best efforts-nya.  Mohon doanya agar di tahun-tahun selanjutnya, Taman Zakat bisa terus istiqomah memberikan kemanfaatan lebih luas kepada masyarakat," harap Ziyad.