Kejurnas Pacuan Kuda Piala Tiga Seri II dan Pertiwi Cup 2022 Dipastikan Akan Tetap Digelar Ditengah Wabah PMK

Arena pacuan kuda Ki Ageng Astro Joyo di Pasuruan Jawa Timur/Net
Arena pacuan kuda Ki Ageng Astro Joyo di Pasuruan Jawa Timur/Net

Kejuaraan pacuan kuda tingkat nasional piala Tiga Mahkota Seri II dan Pertiwi Cup 2022 yang digelar di arena pacu Ki Ageng Astro Joyo, Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan pada tanggal 21-22 Mei 2022 akan tetap digelar meski di tengah wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada sejumlah daerah di Jatim.


"Wajib dilaksanakan karena sudah menjadi agenda nasional," kata Ketua Komisi Pacu Pordasi, H Sanwil saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (19/5).

Menurutnya, pihaknya telah mendapatkan rekomendasi perizinan, baik dari Bupati Pasuruan dan Dinas terkait serta dari Kapolres Pasuruan. Hanya saja, saat ini rekomendasi masih dikaji oleh Polda Jatim. 

"Hari ini kami akan gelar zoom metting dengan Polda Jatim," ujarnya.

Ketika ditanya terkait adanya Wabah Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) pada hewan yang berpotensi akan menggagalkan kejurnas pacuan kuda tersebut, Anggota DPRD Jatim dari Partai Demokrat ini mengatakan belum adanya kajian dari pakar yang menyebut kuda berpotensi terkena wabah PMK.

"Sejauh ini belum ada Pakar yang mengatakan itu," ungkapnya.

Untuk itu, Sanwil berharap tidak ada lagi upaya dari berbagi pihak untuk berniat menggagalkan Kejurnas Pacuan Kuda tersebut.

"Memang ada yang mau menggagalkan dan saya sudah tau itu. Inilah perlunya keberadaan media dalam memberikan informasi positif kepada masyarakat," tandasnya.

Terpisah, Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof. Komang Wiarsa Sardjana menyatakan, kuda termasuk hewan ternak yang riskan terjangkit PMK.

Dia berpesan bila pacuan kuda di Kabupaten Pasuruan itu tetap digelar harus benar-benar disiapkan secara matang dan benar untuk antisipasi wabah PMK.

“Tentunya juga harus ada yang bertanggung jawab,” ujarnya.