Dapat Kiriman 100 Ribu Dosis Vaksin Dari Kemenkes, Bupati Hendy Optimis PPKM di Jember Akan Turun Level

Bupati Jember Hendy Siswanto/RMOLJatim
Bupati Jember Hendy Siswanto/RMOLJatim

Bupati Hendy Siswanto optimis dalam waktu dekat Kabupaten Jember bisa menyandang PPKM level 2. Bahkan diakhir Bulan November 2021 bisa masuk ke PPKM level 1. Sebab, Kabupaten Jember kembali mendapatkan kiriman 100 ribu dosis vaksin untuk mendukung tercapainya Herd Immunity hingga 50 persen.


"Kalau tidak hari ini (Senin, 8/11) mungkin besok (Selasa,9/11) Jember mendapatkan kiriman 100 ribu vaksin," kata Bupati Hendy, dikutip Kantor Berita RMOLJatim saat memberikan keterangan pers usai penyampaian nota pengantar R-APBD tahun 2022 di DPRD Jember, Senin(8/11).

Dia menjelaskan, hingga saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Jember sudah berada pada posisi 46 persen. Kurang 4 persen lagi, untuk bisa menyandang PPKM level 2. Karena itu tim penanganan Covid- 19 terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi.

"Hari ini dilakukan vaksinasi dosis pertama di 60 titik sasaran," terangnya.

Selain itu, Bupati Hendy juga meminta masyarakat yang sudah vaksin untuk mengajak warga lainnya yang belum vaksin.

"Yang sudah vaksin untuk tetap displin melaksanakan prokes," imbaunya.

Sementara Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Lilik Lailiyah mengungkapkan, angka kasus Covid-19 di Kabupaten Jember telah berangsur-angsur turun, termasuk persebarannya.

"Untuk pasien rawat inap yang terkonfirmasi positif Covid-19 kurang dari 5 pasien per 100 ribu penduduk per minggu. Begitupun angka kasus kematian juga sama kurang dari 5 kematian per 100 ribu penduduk perminggu," jelasnya.

"Juga angka BOR (Bed Opportunity Rate) terpakai kurang dari 2 (dua) persen," sambungnya. 

Menurutnya, saat ini kesadaran masyarakat untuk mendapatkan vaksin sudah tinggi.

"Dengan tersedianya vaksin, kita targetkan setiap hari, minimal 1 persen ( 20.000 orang). Bahkan sehari mencapai 28 ribu orang," pungkasnya.


ikuti update rmoljatim di google news