PT KAI Daop 8 Surabaya kembali menambah perjalanan Kereta Api (KA) Jarak Menengah/Jauh secara bertahap pada bulan Agustus 2020 untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang KA yang terus meningkat.
- Arus Balik Lebaran, Dirut KAI Pastikan Layanan Berjalan Lancar dan Nyaman
- PT KAI Perkenalkan KA Madiun Jaya, Beroperasi 1 Februari 2025
- KAI Daop 7 Hadirkan Layanan Kereta Madiun-Pasar Senen PP
Terdapat penambahan 6 Kereta Api Jarak Menengah/Jauh yang kembali dioperasikan oleh KAI Daop 8 Surabaya pada akhir pekan dan tanggal tertentu di bulan ini, setelah sebelumnya Kereta Api tersebut dihentikan sementara operasionalnya.
“Kereta Api tersebut kami operasionalkan lagi dengan menerapkan protokol
kesehatan yang sangat ketat, setelah melihat minat masyarakat yang terus tumbuh
untuk menggunakan transportasi kereta api,” kata Manager Humas PT KAI Daop 8
Surabaya, Suprapto, melalui pesan sigkat yang diterima Kantor Berita RMOLJatim,
Selasa (4/8).
Penambahan 6 KA Jarak Menengah/Jauh yang kembali beroperasi di Bulan Agustus ini
di antaranya Argo Bromo Anggrek/KA 5 (Surabaya pasarturi – Gambir
(Jakarta)/pp), KA Harina/KA 129 (Surabaya Pasar Turi – Cirebon - Bandung/pp),
KA Matarmaja/KA 291 (Malang – Pasar Senen/pp), KA Pasundan/ KA 295B (Surabaya
Gubeng –Kiracondong(Bandung) /pp). KA Wijayakusuma/KA 125 (Surabaya Gubeng -
Cilacap/pp) dan KA Wijaya Kusuma/KA 123C (Surabaya Gubeng – Ketapang/pp).
Dengan demikian pada Bulan Agustus 2020 ini, di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya
terdapat 51 perjalanan KA Penumpang yang beroperasi, terdiri dari 36 KA Lokal
dan 15 KA Jarak Menengah/Jauh (dalam kondisi normal sebelum pandemi, di wilayah
PT KAI Daop 8 Surabaya terdapat 86 KA penumpang yang terdiri dari 41 KA Jarak
Menengah/Jauh dan 46 KA Lokal).
“Kereta Api tersebut kami operasionalkan lagi dengan menerapkan protokol
kesehatan yang sangat ketat, setelah melihat minat masyarakat yang terus tumbuh
untuk menggunakan transportasi kereta api,” kata Manager Humas PT KAI Daop 8
Surabaya, Suprapto, melalui pesan sigkat yang diterima Kantor Berita RMOLJatim,
Selasa (4/8).
Pada Bulan Juli 2020, PT KAI Daop 8 Surabaya telah melayani 111.008 penumpang
terdiri dari 20.993 penumpang KA jarak Menengah/Jauh dan 90.015 penumpang
KA Lokal. Jumlah tersebut naik 62,5 % dibandingkan dengan volume penumpang
pada bulan Juni 2020 sebesar 69.426 penumpang yang terdiri dari 5.936 penumpang
KA Jarak Menengah/Jauh dan 63.490 penumpang KA Lokal.
Kenaikan volume pelanggan tersebut menunjukkan kepercayaan masyarakat terus
tumbuh terhadap layanan KAI yang dapat diandalkan di tengah pandemi.
KAI menilai, peningkatan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti
menghadirkan discount tiket, undian berhadiah, libur hari raya Idul Adha,
penambahan jadwal perjalanan secara bertahap, dan hadirnya layanan Rapid Test
Covid-19 dengan harga terjangkau di stasiun.
Meski terjadi peningkatan perjalanan kereta api, KAI tetap berkomitmen
menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Sehingga masyarakat dapat
melakukan perjalanan menggunakan kereta api dengan aman, selamat, nyaman, dan
sehat sampai di stasiun tujuan.
Pelanggan yang naik kereta api diharuskan memakai masker,
suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu,
dan sesak napas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan
panjang.
Khusus untuk pelanggan KA Jarak Menengah/Jauh diminta untuk menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan) atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit/Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid Test, mengenakan face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan.
Bagi pelanggan dewasa, face shield akan disediakan KAI.
Sedangkan pelanggan dengan usia dibawah 3 tahun (infant) agar membawa face
shield pribadi. Serta mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada
perangkat seluler.
“Dengan adanya penambahan kereta api di bulan Agustus ini, kami berharap dapat meningkatkan konektivitas dan mobilitas masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” demikian Suprapto.
ikuti terus update berita rmoljatim di google news
- Libur Panjang Peringati Jumat Agung dan Paskah, KAI Daop 8 Surabaya Operasikan KA Tambahan
- Arus Balik Lebaran, Dirut KAI Pastikan Layanan Berjalan Lancar dan Nyaman
- Ratusan Relawan Komunitas Railfans dan Pramuka Terlibat dalam Masa Angkutan Lebaran