Calon Yang Didukung Amien Rais Biasanya Menangkan Kursi Ketum PAN

Dalam perebutan kursi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) di Kongres V, siapa yang didukung Amien Rais, maka dialah pemenangnya.


"Tradisinya, siapa yang didukung Amien Rais dialah pemenangnya," tandas pengamat politik Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (28/1).

Ditambahkan Umam, saat ini selain petahana Zulkfli Hasan, ada nama-nama lain yang berniat maju merebut kursi ketua umum.

Wakil Ketua Umum PAN, Mulfachri Harahap maju dengan dukungan politik dari sang pendiri Amien Rais. Ada pula eks Menteri Jokowi Asman Abnur juga sudah mendeklarasikan diri akan bersaing dengan Mulfachri dan Zulkfili Hasan.

Melihat peta perebutan Ketua Umum partai berlambang matahari putih itu, Umam menyatakan, siapapun yang akan bertarung merebut pucuk pimpinan PAN tak akan lepas dari dua jangkar utama PAN saat ini yakni Amien Rais dan Zulkfli Hasan.

"Kedua jangkar kekuatan yang sekarang sedang bersaing yakni Amin Rais dan Zulkfli Hasan," sebutnya.

Mulfachri Harahap sendiri dalam beberapa kesempatan sempat bertemu pengurus daerah langsung dengan ditemani Amien Rais. Bahkan sang putra Hanafi Rais digadang-gadang menjadi Sekretaris Jenderal partai apabila Mulfachri berhasil terpilih.

Peta dukungan yang sduah di klaim oleh petahana sebanyak 30 Dewan pimpinan Wilayah (DPW) diprediksi masih akan mencair hingga pelaksanaan Kongres nanti pada 10-12 Februari di Kendari, sulawei Tenggara.